Harian Rakyat Sulsel Dukung Aksi Perubahan ‘Manjain Si Imut’

  • Bagikan
Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pelayanan Rehabilitasi Sosial Anak (PPRSA) “Inang Matutu” Dinas Sosial (Dinsos) Sulawesi Selatan (Sulsel), Herlina Pakiding saat berkunjung ke Kantor Harian Rakyat Sulsel, Selasa (3/9/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Aksi perubahan melalui Manajemen Layanan Informasi Satu Pintu Pusat Pelayanan Rehabilitasi Sosial Anak Inang Matutu (MANJAIN SI IMUT) mendapat dukungan dari Direktur Utama Harian Rakyat Sulsel, Imran Umar.

Manjain Si Imut merupakan aksi perubahan yang digagas Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pelayanan Rehabilitasi Sosial Anak (PPRSA) “Inang Matutu” Dinas Sosial (Dinsos) Sulawesi Selatan (Sulsel), Herlina Pakiding yang merupakan peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrasi (PKA) Angkatan IX Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulsel tahun 2024.

Herlina mengatakan, Manjain Si Imut bertujuan untuk memberikan kemudahan masyarakat terhadap akses rehabilitasi anak yang diselenggarakan UPT PPRSA Inang Matutu. Aksi perubahan tersebut bakal menjadi ruang akses bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan terkait dengan pelayanan parenting.

"Jadi Manjain Si Imut ini akan menjadi akses poin atau sarana untuk masyarakat yang ingin mengakses informasi terkait dengan layanan anak. Nantinya akan merekomendasikan kepada orang tua anak tempat untuk terapi lanjutan," kata Herlina saat berkunjung ke Kantor Harian Rakyat Sulsel, Selasa (3/9/2024).

Menurut Herlina, orang tua kadang karena kesibukannya terlambat sadar dengan tumbuh kembang anak. Sehingga banyak anak yang mengalami rentan keterlantaran pengasuhan, speech delay, masalah aktif dan agresif, serta gejala autis dan tantrum.

"Biasanya penyebab utamanya adalah gadget atau handphone. Akhirnya anak jarang melakukan komunikasi. Akhirnya anak terlambat berbicara. Olehnya itu kami mengimbau kepada orang tua untuk tidak membiasakan memberikan gadget kepada anak di masa tumbuh kembangnya," ajaknya.

Manjain Si Imut sendiri lanjut Haerlina, akan terselenggara berupa ruang konsultasi dan komunikasi antara pihak UPT PPRSA Inang Matutu dan masyarakat khususnya orang tua Anak Penerima Manfaat (APM).

“Jadi kami mohon dukungannya agar aksi perubahan yang akan kita launching ini bisa bermanfaat untuk masyarakat. Sehingga nantinya kita akan menerima masyarakat siapa saja yang ingin berkonsultasi atau bertanya tentang tumbuh kembang anak, ataupun untuk mendapatkan informasi terkait dengan pelayanan yang diselenggarakan UPT PPRSA Inang Matutu," jelasnya.

Sementara Direktur Utama Harian Rakyat Sulsel, Imran Umar menyambut baik aksi perubahan Manjain Si Imut ini. Menurutnya banyak sekali anak yang mengalami masalah pada tumbuh kembangnya.

"Semoga layanan Manjain Si Imut UPT PPRSA Inang Matutu ini bisa bermanfaat untuk anak dan masyarakat," harapnya. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version