KPU Sulsel Bersama Bawaslu Siap Umumkan Hasil Pemeriksaan Kesehatan Cagub dan Cawagub

  • Bagikan
Direktur Medik RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo, dr. Asvin Nurulita, saat menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan kandidat Cagub dan Cawagub Sulsel kepada Ketua KPU Sulsel, Hasbullah.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) telah menerima hasil tes kesehatan dua bakal pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Sulsel.

Pasangan tersebut adalah Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi dan Moh Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad. Hasil pemeriksaan kesehatan ini diserahkan oleh tim medis RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo kepada KPU Sulsel di kantornya.

Ketua KPU Sulsel, Hasbullah, menyatakan bahwa hasil pemeriksaan kesehatan sesuai jadwal diserahkan satu hari setelah pemeriksaan selesai, mengikuti tahapan yang diatur dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1229 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pendaftaran dan Penelitian Persyaratan Administrasi bagi bakal calon kepala daerah.

"Hasilnya akan kami umumkan setelah seluruh berkas diperiksa oleh KPU Sulsel dalam tahapan pemeriksaan kesehatan untuk calon gubernur dan wakil gubernur," jelas Hasbullah, Selasa (3/9/2024).

Menurutnya, penyerahan hasil pemeriksaan kesehatan ini dilakukan lebih cepat kepada KPU Sulsel, untuk kemudian dilakukan verifikasi administrasi terkait syarat calon mulai 2-4 September 2024.

Setelah menerima hasil pemeriksaan kesehatan kedua bakal pasangan calon ini, KPU Sulsel akan memeriksa seluruh berkas para bakal calon kepala daerah. "KPU akan mengumumkan hasil tahapan pemeriksaan kesehatan bagi calon gubernur dan wakil gubernur. Kami melakukan pemeriksaan bersama Bawaslu, dengan mencermati setiap berkas," katanya.

Tahapan selanjutnya, pada 5-6 September 2024, KPU Sulsel akan menyampaikan hasil verifikasi administrasi kepada bakal pasangan calon terkait syarat berkas pencalonan dan dukungan partai politik, termasuk pemeriksaan kesehatan yang perlu dilengkapi.

  • Bagikan

Exit mobile version