Bawaslu Pinrang Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipasi, Sasar Dunia Pendidikan

  • Bagikan
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pinrang menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipasi di Hotel MS Pinrang, Kamis (5/9). (Amran/A)

PINRANG, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pinrang menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipasi di Hotel MS Pinrang, Kamis (5/9). Agenda ini mengangkat tema "Peran Pemilih Pemula dalam Pengawasan Partisipasi untuk Pemilu serentak Tahun 2024".

Komisioner Bawaslu Pinrang Aswar menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan pemilih muda. Itu, agar mereka dapat berpartisipasi aktif dalam pemilihan serta memahami hak dan kewajiban mereka sebagai pemilih.

"Jadi, ada dua pemateri dari Makassar yaituYusriadi Hala dan Hidayah Muhallim. Mereka berprofesi sebagai akademis," ungkap Aswar.

Kata dia, sosialisasi ini melibatkan berbagai pihak sebagai peserta yaitu kepala sekolah serta siswa SMA/ SMK dan MA sederajat. Berbagai sesi perkenalan mulai dari pemberian materi dan berdiskusi terkait pemilihan dilakukan untuk membekali pemilih pemula dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan.

"Kegiatan ini merupakan upaya kami untuk mendorong partisipasi pemilih muda dengan memberikan mereka pengetahuan yang tepat tentang proses pemilihan dan hak-hak mereka. Kami berharap ini akan menciptakan pemilih yang lebih cerdas dan bertanggung jawab,” jelasnya.

Selain itu, kata Aswar, Bawaslu Pinrang juga menyarankan agar sekolah bekerja sama dalam mensosialisasikan pentingnya pemilihan pada Pesta Demokrasi yang akan di gelar pada 27 November mendatang.

"Dengan dukungan semua pihak, diharapkan pemilih pemula dapat menjadi garda terdepan dalam pengawasan dan pemilihan yang berkualitas di masa depan," pungkasnya. (Amran/B)

  • Bagikan

Exit mobile version