Festival Pinisi 2024: Ritual Adat Kajang hingga Pelayaran Kapal ke Pantai Merpati

  • Bagikan
Salah satu ritual adat Ammatoa Kajang.

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL – Pemerintah Kabupaten Bulukumba akan menggelar Festival Pinisi 2024 yang akan berlangsung dari tanggal 6 hingga 8 September 2024. Festival ini akan diselenggarakan di beberapa lokasi, termasuk Pantai Merpati di Kecamatan Ujungbulu, kawasan adat Ammatoa Kajang, dan kawasan pembuatan kapal Pinisi di Bontobahari.

Festival ini merupakan bagian dari Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 dan akan dimulai dengan booth tour pada Jumat sore, 6 September 2024, yang memperkenalkan berbagai stan di venue acara.

Pembukaan resmi festival akan dilakukan pada pukul 20.00 WITA dengan acara meletakkan Pinisi mini ke dalam wadah berisi air secara simbolis, termasuk oleh Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf.

Hiburan pembukaan akan dimeriahkan oleh artis dangdut berbakat alumni Dangdut Academy Indosiar, Waode Afira. "Pembukaan pada Jumat malam akan dimeriahkan oleh Waode Afira, artis dangdut asal Bulukumba," kata Kabid Humas Kominfo Bulukumba, Andi Ayatullah Ahmad, Kamis (5/9/2024).

Pada Sabtu, 7 September 2024, festival akan berlanjut di kawasan adat Ammatoa Kajang dengan prosesi penerimaan tamu adat Kajang, diikuti dengan ritual "adingingi" yang berarti "mendinginkan dunia atau bumi."

Selain itu, prosesi budaya juga akan dilaksanakan di kawasan pembuatan kapal Pinisi di Tana Beru, Kecamatan Bonto Bahari, yang meliputi prosesi Songkabala ri Bantilang, Ammosi, dan Annyorong Lopi. Di Pantai Merpati, akan diadakan seleksi dan pengumuman juara duta wisata dari sore hingga malam.

Parade budaya juga akan menjadi bagian dari Festival Pinisi 2024. Peserta parade akan mengenakan pakaian hitam khas Kajang dan berjalan santai dari Lapangan Pemuda menuju Pantai Merpati pada pukul 15.00 WITA.

Puncak Festival Pinisi XIV akan digelar pada malam hari dengan pemutaran video sejarah kapal Pinisi (milestone) dan sambutan dari Bupati Bulukumba, pejabat gubernur, serta perwakilan Menteri Pariwisata.

"Mari bersama-sama memeriahkan berbagai rangkaian Festival Pinisi, yang merupakan agenda nasional Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024," ujar Andi Ayatullah Ahmad. (Sal)

  • Bagikan