Maba Universitas Ciputra Makassar Jadi Entrepreneur, Dapat Apresiasi dari Ketua LLDIKTI Wilayah IX

  • Bagikan
Mahasiswa baru UC Makassar langsung diajak berkreasi dengan membuat produk dan berjualan.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX, Andi Lukman, mengapresiasi sistem penerimaan dan orientasi mahasiswa baru (Maba) di Universitas Ciputra (UC) Makassar.

Ia memuji pendekatan yang berbeda dan inovatif dibandingkan kampus lain dalam Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek).

Berbeda dengan Ospek di kebanyakan kampus yang biasanya berupa kuliah umum atau bahkan perpeloncoan, mahasiswa baru UC Makassar langsung diajak berkreasi dengan membuat produk dan berjualan.

Sebanyak 350 mahasiswa baru dibagi menjadi 35 kelompok, masing-masing dibimbing oleh seorang senior untuk menentukan jenis produk yang akan dijual dan mengelola dana senilai Rp 1 juta yang diberikan oleh kampus.

Dari kreativitas para mahasiswa, berbagai produk berhasil dihasilkan dan dipasarkan. Kampus juga menyediakan tenant di Mal Phinisi Point, di mana para mahasiswa diberi kesempatan untuk berjualan dari pukul 10 pagi hingga 10 malam. Menariknya, para mahasiswa dapat mengundang teman, keluarga, dan orang tua untuk berbelanja serta menikmati berbagai kegiatan menarik dalam acara bertajuk "The Ancient Gold".

"Sebagai lembaga layanan pendidikan tinggi, saya sangat mendukung kegiatan ini. Ini adalah konsep yang sangat unik karena biasanya praktik dilakukan setelah teori, tetapi di sini mahasiswa langsung praktek tanpa teori terlebih dahulu," ujar Andi Lukman, Rabu (4/9/2024).

"Saya sangat mendukung kegiatan ini karena berbasis entrepreneurship dan tidak terlalu banyak teori. Mahasiswa baru langsung diajarkan untuk membuat produk, ini luar biasa," tambahnya.

  • Bagikan