Dua Kecamatan di Sinjai Akan Jadi Lokasi Survei Geotermal, Begini Respon Pj. Bupati

  • Bagikan
Pj. Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah saat mengikuti acara sosialisasi survei Terpadu Geologi, Geokimia dan Geofisika Daerah Panas Bumi Lompobattang Kabupaten Sinjai oleh Kementerian ESDM di Command Center. (Foto: Dok. Kominfo).

SINJAI, RAKYATSULSEL- Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia rencananya akan melaksanakan kegiatan survei rinci panas bumi arah Geotermal di Kabupaten Sinjai.

Terdapat dua kecamatan yang menjadi sasaran survei Geotermal ini, yakni Desa Batu Belerang Kecamatan Sinjai Borong dan Desa Kampala, Salohe serta Kaloling Kecamatan Sinjai Timur.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah saat mengikuti acara sosialisasi survei Terpadu Geologi, Geokimia dan Geofisika Daerah Panas Bumi Lompobattang Kabupaten Sinjai oleh Kementerian ESDM di Command Center, Jumat, (06/9).

"Kami sangat mendukung dalam rangka kelengkapan data potensi Geotermal yang ada di Kabupaten Sinjai," ucap TR sapaan akrab Pj Bupati Sinjai.

TR mengatakan, survei tersebut untuk mengetahui karakteristik panas bumi. Dari data tiap metode kemudian nantinya akan dijadikan dasar bagi pemerintah daerah untuk mengembangkan panas bumi untuk pemanfaatan langsung.

"Kita berharap hasil survei nantinya dapat kiranya mensejahterakan masyarakat terkait potensi Geotermal kita," harapnya.

Olehnya itu, T.R meminta kepada masyarakat di dua kecamatan untuk tidak was-was terkait rencana survei Geotermal yang akan dilakukan Kementerian ESDM Republik Indonesia, pasalnya tak ada dampak yang ditimbulkan.

Sementara, Dikdik dari Badan Geologi Kementerian ESDM Republik Indonesia menjelaskan jika survei ini merupakan tugas dari Pemerintah Pusat untuk eksplorasi Geotermal. Dia menjelaskan dan memastikan survei ini tidak memiliki dampak terhadap lingkungan.

"Jadi ini hanya survei pengumpulan data data collection baik data geologi, geokimia dan Geofisika. Tidak ada sama sekali pengeboran, gali atau pengeboran tanah dan sebagainya. Semuanya hanya dipermukaan sehingga masyarakat tak perlu khawatir," jelasnya.

Sosialisasi survei Terpadu Geologi, Geokimia dan Geofisika Daerah Panas Bumi Lompobattang Kabupaten Sinjai, turut dihadiri Forkopimda, Asisten bidang Pemerintahan Setdakab Sinjai, A. Irwansyahrani Yusuf, kepala OPD, serta Camat Sinjai Borong. (Adv)

  • Bagikan

Exit mobile version