Harkopnas Ke-77 Sulsel: Antara Keinginan Pj Gubernur Sulsel Prof. Zudan dan Harapan Bupati Basli Ali

  • Bagikan

KEPULAUAN SELAYAR, RAKYATSULSEL – Puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-77 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan berlangsung di Lapangan Pemuda Benteng, Kepulauan Selayar, Sabtu malam (14/9/2024).

Acara ini dimeriahkan oleh berbagai kegiatan, termasuk bazar dan pameran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari 24 kabupaten/kota se-Sulsel, serta pemberian penghargaan kepada para tokoh dan koperasi berprestasi.

Pj Gubernur Sulsel, Deputi Bidang Koperasi Kementerian Koperasi dan UMKM RI, Ketua Dekopin Pusat dan Wilayah, para kepala daerah, pejabat tinggi pratama, kepala dinas, pengurus koperasi, serta jajaran Forkopimda dan kepala perangkat daerah Kepulauan Selayar turut hadir dalam acara ini.

Puncak peringatan dibuka dengan tarian tradisional A’munte Sibatu A’bulo Sipappa, yang dibawakan oleh Sanggar Tari Passiana, dan dilanjutkan dengan atraksi tarian Pepe-pepeka Ri Makka.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Sulsel, Prof. Zudan Arif, mengajak seluruh komponen masyarakat dan stakeholder pemerintahan di Sulsel untuk bersatu membangun koperasi.

"Mari kita jadikan Sulawesi Selatan sebagai The Real Province of Koperasi," ujarnya.

Prof. Zudan menekankan bahwa koperasi adalah salah satu pilar ekonomi kerakyatan, dan keanggotaan koperasi di seluruh kabupaten/kota harus terus ditingkatkan.

"Kepada rekan-rekan kepala dinas koperasi se-Sulsel, mari kita tambah jumlah anggota di 5.000 koperasi yang saat ini aktif," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali, mengungkapkan bahwa dengan potensi besar yang dimiliki Selayar, terdapat banyak peluang bagi koperasi dan UMKM lokal untuk maju dan berkembang. Ia berharap agar dukungan dari pemerintah pusat dan provinsi dapat terus ditingkatkan.

"Dengan mengangkat potensi Kepulauan Selayar, kita juga akan mengangkat nama koperasi Sulawesi Selatan bahkan di tingkat nasional," ucapnya.

Peringatan Harkopnas ke-77 tingkat Provinsi Sulsel ini mengusung tema Koperasi Mitra Pemerintah Membangun Ekonomi Daerah yang Berdaulat dan Mandiri Menuju Indonesia Emas.

Selain peserta dari 24 kabupaten/kota, acara ini juga dipadati oleh warga lokal Kepulauan Selayar dan ditutup dengan penampilan hiburan dari artis D'Academy. (*)

  • Bagikan