Mentan Amran Copot Direktur Alsintan yang ‘Main Mata’ dengan Calo: Ketahuan Subuh, Dicopot Pagi Hari

  • Bagikan
Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman

Berkat sistem tersebut, Kementan dianugerahi penghargaan atas pengendalian gratifikasi terbaik pada Hari Antikorupsi Sedunia, Desember 2019.

Atas komitmennya, Kementan juga berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama tiga tahun berturut-turut (2016-2018).

Setelah kembali menjabat sebagai Mentan pada Oktober 2023, Amran melakukan perombakan besar-besaran di internal Kementan, termasuk memutasi delapan pimpinan eselon I untuk meningkatkan kinerja sektor pertanian.

Konsistensi Amran dalam memerangi korupsi berdampak signifikan pada kinerja sektor pertanian. Di bawah kepemimpinannya, Indonesia berhasil mencapai swasembada beras pada tahun 2017, 2019, 2020, dan 2021.

Prestasi ini membuat Indonesia sama sekali tidak mengimpor beras medium selama periode tersebut, hingga mendapatkan pengakuan dari dunia internasional.

FAO memberikan penghargaan tertinggi, Agricola Medal, kepada Presiden RI Joko Widodo atas kontribusi luar biasa Indonesia dalam sektor pangan, yang dipersembahkan untuk seluruh petani dan masyarakat Indonesia. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version