Habiskan Anggaran Miliaran, Proyek Taman Andalan di CPI Makassar ‘Mubazir’ dan Diduga Rugikan Negara

  • Bagikan
Peneliti ACC Sulawesi Ali Asrawi Ramadhan

Selain ada pohon, ada pula pedestrian, tempat bermain, ada spot tanaman. Ada juga tempat berkuda, memanah, berenang untuk anak-anak dengan tempat berkonsep islami.

Ali menjelaskan, di tahun 2022 proyek tersebut bernama proyek Penataan RTH Kawasan CPI Makassar dengan menggunakan pagu anggaran sebesar Rp11 miliar, sebagaimana tercantum dalam LPSE Sulsel. Proyek tersebut dikerjakan oleh PT EAL dengan nilai kontrak sebesar Rp7.972.135.999,99.

PT EAL merupakan salah satu perusahaan yang mempunyai angka penawaran identik dengan beberapa perusahaan lain yang melakukan penawaran. Meski ada juga perusahaan lain yang mempunyai angka penawaran lebih kecil dibanding seluruh perusahaan yang melakukan penawaran, yakni CV RR yang tidak dinyatakan sebagai pemenang dengan alasan tersebut. 

Hanya saja, kata Ali, berdasarkan informasi dari AHU- Kemenkumham, PT EAL mendaftar sebagai badan hukum pada tahun 2019, dan sejak itu perusahaan beralamat di Bajeng, Kabupaten Gowa itu tidak pernah memenangkan tender pemerintah dalam pekerjaan konstruksi pada periode 2019 hingga 2021. 

"Tapi memenangkan proyek RTH ini dengan pagu Rp11 miliar di tahun 2022, dan dari penelitian kami, hanya ini satu proyek yang dikerjakan di tahun 2022," kata Ali.

Lebih lanjut, Ali mengatakan kejanggalan lainnya yakni proyek RTH ini harusnya telah selesai dan dapat digunakan pada Desember 2022. Namun, hasil penelitian tim yang didapat dari berbagai sumber, salah satunya video lokasi yang diupload di YouTube pada Februari 2023, tampak lokasi proyek masih berupa hamparan seperti belum dapat digunakan.

  • Bagikan