PT Antam – PT LTG – PT SCI Teken MoU Terkait Pengelolaan Tiga Blok Tambang Milik Pemprov Sulsel

  • Bagikan
MoU PT Aneka Tambang Tbk, PT Luwu Timur Gemilang Perseroda dan PT Sulsel Citra Indonesia Perseroda untuk pengelolaan tambang Pemprov Sulsel di Lutim.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Tiga blok tambang di wilayah Luwu Timur yang sebelumnya dikelola PT Vale saat ini resmi kembali ke tangan Pemerintah Sulawesi Selatan.

Ini menjadi yang pertama dalam sejarah, blok tambang kembali ke tangan pemerintah Sulsel selama hadirnya tambang di Luwu Timur.

Bersama dengan itu, PT Aneka Tambang Tbk, PT Luwu Timur Gemilang Perseroda dan PT Sulsel Citra Indonesia Perseroda berkomitmen  mendirikan Perusahaan Patungan yang ditandai dengan penandatanganan MoU.

Perusahaan patungan inilah yang akan bertugas mengelola tambang milik pemerintah dengan pembagian masing masing 45 persen untuk Pemprov Sulsel dan Kabupaten Luwu dan 55 persen untuk perusahaan rekanan.

Direktur Utama PT Sulsel Citra Indonesia Perseroda, (SCI) Machmud Achmad mengatakan pihaknya akan sama-sama mengawal pengelolaan tambang  tersebut.

"Kami berharap kerja sama ini akan panjang dan membawa profit dalam jangka panjang untuk meningkatkan PAD Sulsel," ujarnya disela-sela penandatanganan MoU, Jumat (13/9/2024).

Sejalan dengan itu, Dirut PT Aneka Tambang, Nico Kanter menjelaskan keterlibatan PT Antam dalam  pengelolaan ini sangat jelas.

  • Bagikan