TP PKK Bulukumba Gelar Jambore di Pantai Merpati

  • Bagikan
Jambore TP PKK Bulukumba

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL - Sekertaris Daerah (Sekda) Bulukumba, Ali Saleng, membuka secara resmi Jambore PKK se-Kabupaten Bulukumba di Lapangan Pantai Merpati.

Ketua TP PKK Bulukumba Andi Herfida Muchtar menyampaikan bahwa Jombore ini merupakan agenda PKK secara nasional.

Dikatakan kegiatan jambore sebelum-sebelumnya hanya penyebutan saja sebagai kegiatan jambore, tapi tidak ada perkemahannya.

"Nah jambore yang kita laksanakan saat ini adalah jambore yang disertai dengan kemah bersama," ungkap Herfida di hadapan para devile PKK 10 kecamatan.

Jumlah peserta jambore, lanjutnya sekitar 1.200 orang. Jumlah ini belum termasuk panitia dan pengurus PKK tingkat Kabupaten Bulukumba.

Untuk itu pihaknya menyiapkan 130 tenda dan panggung sebagai pusat kegiatan yang akan diisi berbagai kegiatan, baik lomba, edukasi maupun hiburan yang diisi artis lokal dan artis ibukota.

Menurutnya kegiatan jambore bertujuan untuk merekatkan kebersamaan anggota PKK dari seluruh kecamatan dengan semangat riang gembira.

Pihak panitia, tambahnya memilih lapangan dekat pantai Merpati sebagai lokasi Jambore karena pantai Merpati sudah tertata baik dan nyaman untuk beraktifitas.

"Sengaja kita melaksanakan di dekat pantai Merpati, supaya bagaimana ibu ibu PKK dari luar kota Bulukumba dapat merasakan pantai Merpati di pagi hari," imbuhnya.

Di akhir sambutannya, Herfida Muchtar meminta peserta jambore untuk senantiasa menjaga kebersihan. Untuk itu jangan meninggalkan jejak sampah selama kegiatan berlangsung dan setelah kegiatan selesai.

Sementara itu, Sekda Ali Saleng mengaku senang sekali melihat semangat ibu ibu PKK mengikuti Jambore. Terlebih melihat semangat ibu Wakil Ketua PKK Ira Kasuara Edy Manaf yang meski masih duduk di kursi roda namun ikut bergabung membersamai para anggota PKK.

Ali Saleng menyampaikan bahwa PKK tidak lagi harus melaksanakan kegiatan yang sifarnya formalitas dan seremonial. Namun ke depan PKK mengemban tugas kemasyarakatan yang lebih besar.

"Kita sangat mengapresiasi peran PKK dalam membantu pemerintah melaksanakan program penanganan Stunting maupun dalam upaya pengendalian stunting," bebernya.

PKK lanjutnya, mempunyai program Gemoih atau gerakan menanam Lombok nikmati hasilnya. Ini menurut Ali Saleng membantu ketersediaan cabe atau lombok yang biasanya menjadi pemicu terjadinya inflasi.

Kegiatan Jambore ini diawali dengan parade devile PKK dari 10 kecamatan, dengan berjalan kaki dari jalan Yos Sudarso kemudian masuk di lapangan Pantai Merpati. (Salahuddin/A)

  • Bagikan