Jaga Kondisi Tubuh Saat Cuaca Panas, Pekerja Luar Ruangan Simak Tips Ini

  • Bagikan
Ilustrasi. Cuaca Panas

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa memperhatikan pola hidup yang baik saat kondisi cuaca panas.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sulsel Yusri Yunus menyampaiikan beberapa tips sederhana agar kondisi tetap prima saat cuaca panas. Utamanya, mereka pekerja luar ruangan.

Kata dia, dalam beraktivitas penting untuk memperhatikan kebutuhan air tubuh. Suhu yang panas menyebabkan tubuh lebih cepat kehilangan cairan.

“Banyak Minum air mineral. Pastikan untuk minum setidaknya 8 gelas hingga 10 gelas air setiap hari untuk mencegah dehidrasi," ungkap Yusri, Senin (16/9).

Selanjutnya, kata dia, konsumsi makanan sehat dan ringan kemudian konsumsi buah-buahan dan sayuran yang tinggi kandungan air. Seperti, Semangka, Mentimun, dan Jeruk. Hindari makanan berat atau berminyak yang dapat memperberat pencernaan.

Ia menuturkan, untuk masyarakat yang memiliki aktivitas diluar ruangan untuk senantiasa memperhatikan pakaian yang digunakan.

“Gunakan pakaian yang nyaman. Pilih pakaian yang terbuat dari bahan ringan dan berwarna terang, seperti katun, untuk membantu tubuh tetap sejuk,” ujarnya.

Ia menyampaikan, meski kondisi cuaca sedang panas, aktivitas fisik mesti tetap berjalan, tetapi pilih waktu yang tepat seperti pagi atau sore hari saat suhu lebih sejuk.

“Olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau beberapa olahraga lainnya,” ungkanya.

Selanjutnya kata Yusri, tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga energi dan memulihkan tubuh dari panasnya cuaca. Pastikan kamar tidur sejuk dan nyaman.

“Dengan menjaga pola hidup sehat, tubuh akan lebih mampu beradaptasi dengan suhu panas dan tetap bugar sepanjang musim panas,” kuncinya. (Abu/B)

  • Bagikan