Rektor UNM Lepas 1844 Mahasiswa KKN, Sasar Tujuh Daerah di Sulsel

  • Bagikan
Rektor UNM Prof Karta Jayadi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali melepas Mahasiswa KKN Terpadu angkatan XXIX dan KKN Reguler LI semester ganjil tahun akademik 2024/2025, di Pelataran Pinisi UNM, Selasa (17/9). Kali ini bukan lagi mengirim ke Sulbar tapi hanya wilayah Sulsel.

Ketua Satgas KKN UNM, Suarlink mengungkapkan KKN sebanyak 1844 mahasiswa akan mengikuti program KKN yang terdiri dari, KKN PPL terpadu 1145 orang dan KKN Reguler 699 orang, yang akan disebar ke 7 kabupaten dan kota di Sulawesi selatan.

“Saya melaporkan jumlah mahasiswa KKN terpadu dan reguler pada semester ganjil ini sebanyak 1844 orang” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UNM Prof. Karta Jayadi dalam dalam arahannya menyampaikan pesan yang mendalam bagi peserta KKN. Menurutnya, KKN merupakan titik balik kemajuan dalam memperlihatkan kualitas diri kepada masyarakat.

“Anda berada pada satu titik kemajuan, mencari dan menjadi bagian penting masyarakat,  diposisi ini anda harus memperlihatkan seluruh kemampuan dan kualitas anda, jadilah motivator dan inspirator, tunjukan apa yang selama ada pelajari,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menekankan kepada mahsiswa agar mampu melihat kondisi dan apa yang dibutuhkan masyarakat setempat sehingga bisa menyusun program kerja yang betul-betul bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Ia juga mengingatkan agar mampu melibatkan seluruh elem masyarakat yang ada di lokasi KKN masing-masing sehingga setiap program yang dicanangkan berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

“Masyarakat itu beragam, beragam manusia dan sifat, rangkul dan berkolaborasi, anda harus menujukkan bahwa anda betul-betul dibutuhkan, karena itu seluruh program yang dibuat tepat sasaran sehingga berdampak bagi masyarakat” jelasnya.

Ia menekankan juga berpesan kepada para dosen pembimbing agar betul bisa mendampingi mahasiswa KKN karena menurutnya keberhasilan mahasiswa KKN ditempatinya masing-masing pula mengharumkan nama baik UNM.

“Khusus untuk pembinmbing lapangan, mohon arahan dan perhatian kepada anak-anak kita mendampingi anak-anak kita sehingga bisa menunjukkan seluruh potensinya di masyarakat,” harapnya.

Adapun penyebaran mahasiswa KKN Reguler untuk masing-masing kabupaten dan kota yakni,  kabupaten Maros 100 orang, Kab. Pangkep 103 orang, kota Parepare 71 orang, kab. Bone 85 orang, Kab. Soppeng 106 orang, Kab. Wajo 123 orang, dan Kab. Sinjai 93 orang.

  • Bagikan

Exit mobile version