Krisis Air Bersih, PDAM Makassar Buka Layanan Tangki Air Gratis Bagi Pelanggan

  • Bagikan
Direktur Utama (Dirut) PDAM Kota Makassar, Beni Iskandar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ancaman krisis air bersih melanda Kota Makassar. Pasalnya, saat ini kondisi sumber air baku Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar di Sungai Leko Pancing mengalami penurunan debit air yang drastis. 

Direktur utama (Dirut) PDAM Kota Makassar, Beni Iskandar menjelaskan debit air yang biasanya di distribusikan ke Kota Makassar mencapai 500 liter per detik (Lps), kini hanya mampu menyuplai sekitar 100 Lps.

Hal itu, membuat distribusi air bersih di beberapa wilayah di Kota Makassar terganggu. 

Di antaranya, wilayah utara Kota Makassar, timur Kota Makassar, sebagian Kecamatan Manggala, Kecamatan Makassar, Kecamatan Panakkukang, dan Kecamatan Rappocini.

"Ini yang terdampak hanya di wilayah utara. Kalau di wilayah timur tidak. Intinya yang parah masih di utara, kita sudah antisipasi," terang Beni. 

Maka dari itu, untuk mengatasi kelangkaan air bersih, PDAM telah menyiapkan mobil tangki guna melayani pelanggan terdampak.

Sementara itu untuk masyarakat umum yang terdampak akan ditangani oleh pemerintah kota melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, jika status darurat telah ditetapkan.

"Kami fokus pada pelanggan. Untuk masyarakat terdampak secara umum, itu akan ditangani oleh BPBD jika Wali Kota mengeluarkan SK darurat, seperti tahun lalu," ujar Beni. 

Lebih lanjut, Beni menerangkan air yang telah didistribusikan oleh PDAM ke pelanggan telah berlangsung selama dua pekan. 

"Belum bisa dihitung, terutama memenuhi permintaan di wilayah utara kota," terang Beni. 

Beni juga mengaku PDAM juga telah mengeluarkan surat keputusan terkait penanganan pelanggan yang terdampak musim kemarau untuk memastikan pelayanan tetap berjalan meski kondisi air baku terjadi penurunan debit. 

Adapun, PDAM menyediakan layanan mobil tangki air bersih gratis bagi pelanggan yang terdampak dapat menghubungi beberapa kontak yakni, untuk Wilayah 1 (Tallo, Bontoala dan Wajo): 0853-995-3858. 

Lanjut, Wilayah 2 (Tamalanrea dan Biringkanaya): 0838-2449-8373, Wilayah 3 (Panakkukang dan Manggala): 0823-4562-9622, dan Wilayah 4 (Kec. Makassar, Kec. Rappocini, Kec. Ujung Pandang): 0821-8804-6433. Lalu,  Wilayah 6 (Mariso dan Tamalate): 0882-0212-38557. 

Beni menegaskan  pengiriman air tangki tidak dipungut biaya. 

"Jika ada oknum yang meminta bayaran, silakan laporkan ke call center kami di 1500411 atau 0811-4641-123," tutup Beni. (Sasa/B)

  • Bagikan

Exit mobile version