Lantunan Zikir dan Shalawat Menggema di Acara Erat Bersalam Bersholawat

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Antusias masyarakat Parepare menghadiri peringatan Maulid Rasulullah Saw 1446 H yang bertajuk Parepare Bersalam mencapai ribuan.

Bacaan zikir dan shalawat bersama menggema tidak hanya di dalam lapangan, tetapi hingga luar alun-alun kota, Lapangan Andi Makassau, Parepare, Kamis, 19 September 2024, malam.

Dalam suasana malam yang sejuk, lantunan zikir yang begitu syahdu dan khusyuk, saat ribuan jemaah berkumpul mengumandangkan tasbih, tahmid, takbir, tahlil, dan shalawat.

Kegiatan ini, dinisiasi tim pemenangan bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Parepare, Erna Rasyid Taufan dan Rahmat Sjamsu Alam (Erat Bersalam).

Belasan ribu jemaah hadir bersama Erna Rasyid Taufan dan Rahmat Sjamsu Alam, dua mantan Wali Kota Parepare, Sjamsu Alam dan Taufan Pawe Lalu hadir, ketua dan pengurus partai pengusung Erat Bersalam, di antaranya, Partai Golkar, Demkorat, dan Partai Gelora Kota Parepare. Serta puluhan komunitas dan relawan lintas elemen yang menyatu berjuang bersama Erat Bersalam di Pilkada Serentak 2024.

Keutamaan Membaca Shalawat

Selawat merupakan doa maupun pujian untuk Rasulullah Saw sebagai bentuk ibadah kepada Allah Swt. Oleh karena itu, membaca selawat adalah salah satu wujud kecintaan umat Islam kepada Nabi dan Rasul-Nya. Ada banyak sholawat yang bisa diamalkan.

Anjuran membaca sholawat telah dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Al-Ahzab ayat 56. Dalam ayat tersebut Allah SWT berfirman:

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."

Diketahui, pasangan Erat Bersalam diusung tiga partai politik. Masing-masing Partai Golkar, Demokrat dan Gelora. Sementara, ada puluhan komunitas dari berbagai elemen juga bersatu padu mensukseskan kegiatan relius bertajuk Parepare Bersalawat itu.

Di mana panitia pelaksana akan menyebar 15 ribu undangan. Kegiatan ini juga berhadiah umrah dan 112 hadiah menarik lainnya.

Sebelumnya, ekretaris Panitia Parepare Bersalawat, Muh. Ramdhan menambahkan kegiatan dilaksanakan pada Kamis, 19 September, yang dimulai dari pukul 17.00 Wita.

Ia menyebut bahwa rangkaian kegiatan Parepare Bersalawat, yakni salat Maghrib berjamaah, zikir dan doa, salat Isya, pembacaan barzanji, sambutan-sambutan, dan hikmah maulid yang akan menghadirkan Ustaz Arifuddin Laewa.

"Melalui kesempatan ini kami menginformasikan bahwa panitia telah menyiapkan dua paket umrah dan 112 hadiah menarik lainnya. Kami juga mengimbau masyarakat untuk membawa perlengkapan salat," ujarnya.

Di kesempatan itu, panitia juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat, khususnya pengguna jalan yang terganggu atas kemacetan arus lalu lintas di lokasi pelaksanaan Parepare Bersalwat. (*)

  • Bagikan