Pengundian Nomor Urut Pilgub Sulsel dan Pilwalkot Makassar Akan Digelar di Hotel Claro Makassar

  • Bagikan
Ilustrasi Pengundian Nomor Urut Calon Kepala Daerah Wakil Kepala Daerah

MAKASSAR, RAKYATSULSEL — Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara serentak telah menjadwalkan penetapan dan pengundian nomor urut calon kepala daerah dalam Pilkada 2024. Pengundian ini akan dilakukan sehari setelah pengumuman penetapan pasangan calon kepala daerah, yaitu pada 23 September 2024.

Ketua KPU Sulsel, Hasbullah, menyatakan bahwa penetapan pasangan calon kepala daerah akan berlangsung pada Minggu, 22 September 2024. Keesokan harinya, pengundian nomor urut akan dilakukan pada Senin, 23 September 2024.

"Jadi, penetapan calon kepala daerah (cakada) dilakukan pada 22 September. Sehari setelahnya, KPU di daerah akan menggelar pengundian nomor urut pada 23 September 2024," ujar Hasbullah, Sabtu (21/9/2024).

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Harian Rakyat Sulsel, KPU Provinsi dan KPU Kota Makassar menetapkan Hotel Claro Makassar sebagai lokasi pengundian nomor urut peserta Pilgub dan Pilwali. Namun, pengundian akan berlangsung di ruangan yang berbeda. KPU Kota Makassar akan menggelar pengundian nomor urut Pilwali di Ruangan Pinisi, sedangkan KPU Sulsel untuk Pilgub di Ruangan Sandeq.

Kedua lokasi ini diperkirakan akan dipenuhi oleh pendukung masing-masing pasangan calon yang antusias menyaksikan jalannya pengundian nomor urut pada Senin, 23 September 2024, di Hotel Claro.

Kepala Sub Bagian Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sulsel, H.M. Saleh Tahir, mengonfirmasi bahwa pengundian nomor urut calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel akan dipusatkan di Sandeq Ballroom, Hotel Claro, pukul 10:00 WITA.

"Pencabutan nomor urut peserta Pilgub Sulsel akan berlangsung pada Senin, 23 September 2024, di Sandeq Ballroom Hotel Claro," ujarnya singkat.

Sementara itu, Anggota KPU Kota Makassar, Sri Wahyuningsih, mengungkapkan bahwa sejak pekan lalu KPU Kota Makassar telah menjadwalkan pengundian nomor urut Pilwali Makassar di Hotel Claro. Ia baru mengetahui bahwa KPU Sulsel juga akan menggelar pengundian nomor urut untuk Pilgub di lokasi yang sama, namun di ruangan yang berbeda.

"Kami sudah mengatur sejak pekan lalu bahwa pencabutan nomor urut Pilwali Makassar akan diadakan di Hotel Claro pukul 9 pagi. Namun, kami baru mendapatkan informasi bahwa KPU Sulsel juga akan melakukan hal yang sama. Oleh karena itu, kami akan menyesuaikan agar waktu dan ruangannya berbeda," tuturnya. (Yadi/B)

  • Bagikan

Exit mobile version