Irjen Pol Andi Rian Dimutasi, Kapolda Sulsel Kembali Dijabat Alumni Akpol 1991

  • Bagikan
Momen Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian Bersama Direktur Harian Rakyat Sulsel Daswar M Rewo. (Isak/A)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL -- Kepemimpinan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali berganti jelang pelaksanaan Pilkada serentak 2024. Irjen Pol Andi Rian R Djajadi yang menjabat saat ini dimutasi.

Jabatannya digantikan oleh Irjen Pol Yudhiawan yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara (Sulut). Sementara Irjen Pol Andi Rian diangkat dalam jabatan barunya sebagai Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel).

Berpindahnya wilayah tugas kedua jenderal polisi berpangkat bintang dua itu tertuang dalam surat telegram (ST) Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Didik Supranoto yang dikonfirmasi mengenai mutasi tersebut membenarkan.

Didik membenarkan bahwa Irjen Pol Andi Rian dimutasi ke Sumsel dan digantikan oleh Irjen Pol Yudhiawan yang sebelumnya bertugas di Sulut.

"Iya betul," kata Didik saat dikonfirmasi via pesan WhatsApp, Minggu (22/9/2024).

Adapun Irjen Pol Yudhiawan bukanlah sosok baru di Sulsel. Mengingat pernah menjabat sebagai Kapolrestabes Makassar saat masih berpangkat Kombes hingga Brigjen.

Namun pada 2020, alumni Akpol 1991 yang berpengalaman dalam bidang reserse itu dipindahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai Koordinator Wilayah (Korwil) yang mengawasi beberapa provinsi.

Lamanya bertugas di Sulsel, membuat Irjen Pol Yudhiawan akrab dengan sejumlah pejabat. Salah satunya mantan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (ASS).

Keakraban mereka terlihat saat Irjen Pol Yudhiawan akan dikukuhkan sebagai Korwil di KPK tahun 2020 lalu. Saat itu, sehari jelang sertijab, Yudhiawan yang masih berpangkat Brigjen berkunjung ke Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel, di Jalan Yusuf Dg Ngawing, Kota Makassar.

Andi Sudirman Sulaiman yang saat itu juga masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulsel menerima langsung kunjungan Yudhiawan hingga menjamunya makan siang.

Yudhiawan diketahui silaturahmi ke rumah jabatan Andi Sudirman Sulaiman untuk berpamitan. 

"Terima kasih dan permohonan maaf bila ada kesalahan selama dinas (Kapolrestabes Makassar). Yang kami lakukan semua untuk warga Makassar," ujar Yudhiawan saat itu.

Sementara Irjen Pol Andi Rian selama menjabat sebagai Kapolda Sulsel dikenal sebagai pemimpin yang tegas dalam menindak pelanggaran yang dilakukan oleh anggotanya.

Salah satu tindakan tegasnya adalah pencopotan Kapolsek di Kabupaten Bone karena diduga terlibat dalam kasus judi sabung ayam.

Bukan hanya itu saja, belum lama ini Irjen Pol Andi Rian juga diketahui menindak dua perwira polisi di jajaran Polda Sulsel karena diduga terlibat dalam politik praktis.

Meski dikenal sebagai pimpinan yang tegas, Irjen Pol Andi Rian juga dikenali sebagai pemimpin yang berjiwa sosial tinggi. Salah satu tindakannya yang banyak menuai pujian saat turun langsung ke lokasi bencana alam tanah longsor dan banjir bandang di Kabupaten Luwu.

Alumni Akpol 1991 itu tak segan turun langsung ke lokasi bencana. Bahkan menuju daerah terisolasi menggunakan helikopter untuk menyalurkan bantuan dan mengevakuasi masyarakat rentan, seperti ibu hamil dan lansia.

Kini, alumni Bhara Daksa itu dimutasi ke Polda Sumatera Selatan. Jabatannya digantikan sesamanya alumni Akpol 1991, Irjen Pol Yudhiawan. Surat mutasinya pun dikeluarkan oleh seangkatannya di Akpol, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. (Isak/B)

  • Bagikan