Peringati Hari Jadi Desa Kadai ke-33, Kades Kadai: Momentum Rasa Memiliki

  • Bagikan
Ratusan masyarakat Desa Kadai Kecamatan Mare Kabupaten Bone, mengikuti jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Jadi Desa Kadai ke-33, Minggu (22/9).

BONE, RAKYATSULSEL - Ratusan masyarakat Desa Kadai Kecamatan Mare Kabupaten Bone, mengikuti jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Jadi Desa Kadai ke-33, Minggu (22/9).

Jalan Sehat yang dilepas Camat Mare melalui Sekretaris Camat (Sekcam) Mare, Sainal Abidin dalam sambutannya, menuturkan salah satu tanda daerah yang maju dan beradab adalah daerah yang masyarakatnya menghargai jasa pahlawan atau pendahulunya apalagi pemerintahnya.

Selain itu, adalah bagi daerah yang menghargai hari jadinya serta selalu menjaga kebersamaan dan mempererat jalinan silaturahmi diantara warga atau sesama.

"Ini bukti Desa Kadai, sebagai salah satu desa yang maju, mandiri dan besar di Kecamatan Mare. Tentu kita berharap, agar hari jadi ini menjadi momentum bagi kita semua masyarakat Kecamatan Mare, khususnya masyarakat Desa Kadai untuk terus memelihara kearifan lokal dengan memadukan perkembangan zaman di era globalisasi agar visi misi Desa Kadai dapat tercapai secara maksimal demi kesejahteraan masyarakat," tutur Sainal Abidin. 

Hal senada dikemukakan Kepala Desa (Kades) Kadai, Andi Hikmat Samad. Bahkan kades yang sudah memasuki dua periode pemerintahannya di Desa Kadai itu, menegaskan bahwa Desa Kadai pertama terbentuk menjadi sebuah desa di Kecamatan Mare pada tahun 1991. 

Lanjutnya, sejak dirinya menjadi Kades Kadai maka peringatan Hari Jadi Desa Kadai, rutin diperingati setiap tahunnya dengan melaksanakan berbagai kegiatan. Baik dalam bentuk perlombaan maupun kegiatan kemasyarakatan serta keagamaan. 

"Kita rutin memperingatinya setiap tahun. Apalagi selama saya menjadi kades. Pada peringatan hari jadi Desa Kadai, sejumlah kegiatan kita laksanakan, seperti perlombaan pacuan kuda yang dikemas dalam pesta rakyat," ujar Andi Hikmat.

Ia menambahkan untuk peringatan Hari Jadi Desa Kadai ke-33 tahun 2024 ini yang mengusung tema, "Mandiri, Sehat, dan Sejahtera selain jalan sehat dilaksanakan pula lomba pesta rakyat yang dirangkaikan syukuran atas panen padi dengan melaksanakan lomba pacuan kuda.

"Hal ini sebagai salah satu wujud kesyukuran kita kepada Allah SWT sekaligus menjadi momentum sebagai bentuk kepedulian dan punya rasa memiliki terhadap daerah kita," ujarnya. 

Desa Kadai terdiri tiga dusun, yakni Dusun Kadai, Dusun Bakeaju, dan Dusun Berue dengan jumlah penduduk sekira 1.227 jiwa dengan luas wilayah sekira 23,02 km². (Enal)

  • Bagikan

Exit mobile version