Berikut Daftar Lengkap Nomor Urut Calon Kepala Daerah di Sulsel dalam Pilkada Serentak 2024

  • Bagikan
Ilustrasi Pilkada Serentak 2024

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) se-Sulawesi Selatan (Sulsel) secara serentak menggelar pengundian dan penetapan nomor urut bagi calon Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada Senin (23/9/2024).

Di Sulsel, terdapat total 70 pasangan calon yang mengikuti proses pengundian ini. Penetapan nomor urut ini menjadi awal dari kampanye resmi dengan penggunaan simbol dan atribut masing-masing pasangan calon.

Ketua KPU Sulsel, Hasbullah, menyatakan bahwa nomor urut akan menjadi identitas resmi dalam setiap kegiatan kampanye yang dimulai pekan ini.

"Ini juga bagian dari komitmen untuk menjaga suasana kondusif selama masa kampanye, apalagi KPU di 24 daerah juga telah mendeklarasikan kampanye damai," ujarnya, Selasa (24/9/2024).

Setelah pengumuman nomor urut, dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi Pilkada dan Kampanye Damai sebagai komitmen menjaga pilkada yang bersih dan adil.

Dalam pengundian nomor urut, terdapat 24 pasangan calon yang memperoleh nomor 01, termasuk bakal calon Gubernur Sulsel, Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto - Azhar Arsyad. Sebanyak 23 pasangan calon memperoleh nomor 02, seperti pasangan Andi Sudirman Sulaiman - Fatmawati Rusdi.

Satu daerah, Kabupaten Maros, menyajikan calon tunggal melawan kolom kosong, sehingga distribusi nomor urut menjadi tidak seimbang.

  • Bagikan