Polda Sulsel Tugaskan Pasukan Khusus Kawal Paslon, KPU dan Bawaslu di Pilgub Sulsel 2024

  • Bagikan
Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian Djajadi saat menghadiri penetapan nomor urut Paslon di Pilgub Sulsel 2024.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Sebanyak 96 orang personel terlatih dari Polda Sulsel ditugaskan untuk mengawal dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel, serta Ketua KPU dan Bawaslu Sulsel dalam Pilkada 2024. Pengawalan ini akan berlangsung selama 24 jam untuk memastikan keamanan peserta dan penyelenggara Pilkada.

Penyerahan Satgas Pamwal VIP Ops Mantap Praja Pallawa 2024-2025 ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian Djajadi, dan berlangsung di halaman upacara Mapolda Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, pada Selasa (24/9/2024) malam.

Dalam acara tersebut, kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel, yaitu Mohammad Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad dan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi, turut hadir.

Hadir pula Pj Gubernur Sulsel Prof. Zudan Arif Fakrulloh, perwakilan Pangdam XIV/Hasanuddin, Ketua KPU Sulawesi Selatan Hasbullah, Ketua Bawaslu Sulsel Mardiana Rusli, serta sejumlah Forkopimda Sulsel lainnya.

Andi Rian menjelaskan bahwa personel yang ditugaskan untuk mengawal dan mengamankan paslon merupakan personel terlatih yang telah melalui sejumlah tahapan seleksi.

“Khusus untuk calon gubernur, kita siapkan 21 personel. Ini terdiri dari tiga sift dalam bentuk pengawalan depan, pengawalan pribadi, dan juga ADC (Aide de Camp),” kata Andi Rian kepada wartawan usai kegiatan.

Pengamanan ini berlaku mulai Selasa (24/9/2024) hingga proses Pilkada serentak yang berlangsung pada 27 November 2024, termasuk jika ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK), penugasan personel tersebut akan terus berlangsung.

  • Bagikan