Besok Temui Pjs Wali Kota Makassar, Hatim Akan Laporkan Kesiapan Dukcapil Sukseskan Pilkada 2024

  • Bagikan
Kepala Dinas  Kependudukan dan Catatan Sipil Makassar, Muhammad Hatim

MAKASSAR,RAKYATSULSEL- Kepala Dinas  Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Makassar, Muhammad Hatim akan menemui Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Makassar, Andi Arwin Aziz, pada Jumat (27/9), besok. 

Pertemuan tersebut, lanjut Hatim, untuk melaporkan kesiapan Disdukcapil Makassar dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2024 mendatang. 

"Paling lambat besok saya akan menghadap untuk melaporkan kesiapan dukcapil dalam mensukseskan gelaran Pilkada ini," ucap Hatim,saat ditemui di Kantornya, Kamis (26/9).

Ia menambahkan, dirinya juga akan melaporkan kesiapan terkait sarana dan prasarana untuk perekaman dan pencetakan KTP elektronik.

"Jadi kami akan laporkan jumlah perekaman dan juga kegiatan kami untuk mensukseskan dan mengoptimalkan jumlah perekaman yang ada di kota Makassar," ujar Hatim. 

Hatim menyebut jelang hari pencoblosan, biasanya banyak warga yang datang untuk mengurus pencetakan KTP sebagai salah satu syarat untuk menggunakan hak pilih mereka.

"Saat Pilkada mendekat, biasanya dua minggu sebelum hari H, banyak warga datang ke Capil untuk mencetak KTP. Jadi kami harus pastikan semua siap," jelas Hatim.

Berdasarkan data Disdukcapil, total penduduk wajib KTP di Kota Makassar mencapai 1.069.438 orang, sementara yang sudah melakukan perekaman sebanyak 1.024.271 orang. Dengan demikian, masih ada sekitar 45.167 warga yang belum merekam datanya.

Untuk menuntaskan perekaman tersebut, Disdukcapil Makassar mengambil langkah proaktif dengan mendatangi sekolah-sekolah, termasuk SMK 6, SMK 3, SMK 8, SMK 10, SMA 5, dan sejumlah pesantren. Dalam waktu dekat, mereka juga akan melakukan perekaman di SMAN 6 Makassar dan Pesantren Tilawah.

"Langkah jemput bola ini kami lakukan untuk memastikan seluruh warga yang wajib KTP dapat segera merekam datanya dan berpartisipasi dalam Pilkada," pungkas Hatim. (Shasa/B)

  • Bagikan

Exit mobile version