Realisasi 83 Persen, Firman Pagarra Optimis Penerimaan PBB Capai Target di Akhir Tahun

  • Bagikan
Kepala Bapenda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, optimis  target Pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di tahun 2024 sebesar Rp320 milyar dapat tercapai. 

Firman Pagarra, sapaan akrabnya, mengungkapkan saat ini pencapaian PBB hingga September 2024 telah mencapai 83 persen atau  Rp 265 miliar.

Di mana hingga akhir September, lanjut Firman, pihaknya telah mengumpulkan Rp 200 milyar. "Pembayaran PBB hingga 30 September sudah bisa kami amsumsikan mencapai Rp 200 miliar,” ujar Firman, Kamis (26/9).

Atas capaian tersebut, Firman optimis sisa target sebesar Rp 56 milyar dapat diraih dalam tiga bulan terakhir di tahun ini.  “Kami optimis target PBB akan tercapai 100 persen pada akhir tahun 2024,” tegas Firman.

Untuk mempercepat realisasi penerimaan PBB, Firman menjelaskan beberapa upaya yang telah dilakukan oleh Bapenda Makassar. Di antaranya yakni dengan  program " PBB Goes to Mall". 

Firman menjelaskan program tersebut menyasar  beberapa mal di Kota Makassar untuk dijadikan lokasi pembayaran PBB.

Selain itu, Bapenda juga memanfaatkan aplikasi Pakinta, serta melibatkan Ketua RT/RW di tingkat kelurahan dan kecamatan.

"Spanduk-spanduk dan berbagai media juga telah kami pasang untuk menginformasikan bahwa masyarakat bisa membayar PBB kapan saja, di mana saja, dan tepat waktu," tambah Firman.

Oleh karena itu, Firman mengingatkan kepada warga Kota Makassar untuk segera menyelesaikan pembayaran PBB mereka sebelum tanggal jatuh tempo pada 30 September 2024. 

Pasalnya, jika masyarakat membayar PBB lewat dari tanggal jatuh tempo maka akan dikenakan denda sebesar 2 persen per bulan dari nominal yang harus dibayarkan. (Shasa/B)

  • Bagikan

Exit mobile version