Pasar Tani Dinas PKP Parepare Jadi Ikon Produk Hasil Pertanian Perikanan Murah dan Berkualitas

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Pasar Tani oleh Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP) Kota Parepare kini menjadi ikon pasar tradisional buruan masyarakat untuk mendapatkan produk-produk hasil pertanian dan perikanan yang murah dan berkualitas.

Pasar Tani yang berlangsung setiap Jumat di halaman Dinas PKP Parepare, menyediakan produk hasil pertanian, peternakan, dan perikanan kelompok binaan dan UMKM yang segar dan murah. Produk ink dari petani Parepare untuk masyarakat Parepare.

"Alhamdulillah, ini menjadi kesyukuran kami sebagai penyelenggara. Sudah hampir dua bulan program kami jalankan dengan baik, dan setiap Jumat pagi selalu dinantikan masyarakat Parepare, terlebih warga yang tinggal di sekitar lokasi Pasar Tani," kata Kepala Dinas PKP Parepare, Wildana di sela Pasar Tani, Jumat (27/9/2024).

Wildana mengemukakan, sejak launching pada (18/7/2024) hingga rutin dilaksanakan setiap Jumat, animo masyarakat menyambut Pasar Tani terus meningkat, selalu ditunggu dan diserbu.

"Karena memang sejak awal kami tetap konsisten menjaga kesegaran produk yang diperjualbelikan di Pasar Tani ini," ujarnya.

Selain karena keamanan dan kesegaran produk di Pasar Tani ini terjamin, harga yang ditawarkan juga menjadi prioritas pertimbangan masyarakat. Karena harga produk jualan di Pasar Tani, terbilang lebih murah dan terjangkau untuk seluruh kalangan masyarakat.

"Seperti cumi atau ikan, ini nelayan datang dari laut langsung ke Pasar Tani menjual. Kemudian hasil kebun dipetik subuh dijual pagi di tempat ini. Memang sangat segar dan pastinya lebih murah karena konsumen langsung ke produsen tunggal," ungkap Wildana.

Bagi Wildana, antusias dan kebahagiaan masyarakat menyambut Pasar Tani merupakan wujud keberhasilan pemerintah daerah, untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dengan suguhan harga yang lebih murah namun tetap memperhatikan kualitas.

"Bapak Pj Wali Kota (Abdul Hayat Gani) juga sangat mendukung Pasar Tani ini, Insya Allah Jumat depan beliau akan hadir langsung sekaligus akan melakukan panen produk hasil pertanian," kata Wildana.

Sekretaris Dinas PKP drh Nurdin menambahkan, Pasar Tani hadir memberikan fasilitas dan wadah terbaik bagi petani, peternak maupun nelayan untuk menjajakan hasil produksinya dengan mendapatkan keuntungan, dan tetap produsen menyuguhkan harga terjangkau untuk konsumennya. "Ini juga menjadi cara kami dari Pemerintah Kota Parepare, dalam upaya mengendalikan laju inflasi di kota kita ini," terang Nurdin.

Sementara salah satu ibu rumah tangga yang berbelanja di Pasar Tani, Nurwati berterima kasih kepada Dinas PKP atas inovasi program Pasar Tani yang dinilai sangat membantu masyarakat.

"Kalau hari Jumat, pagi-pagi saya dan tetangga akan datang ke Pasar Tani ini. Karena ikan dan sayurnya segar, harganya murah, banyak juga olahan cemilan enak di sini," ungkapnya.

Nurwati mengungkapkan, kebersihan dan keramahan pedagang di Pasar Tani juga menjadi daya tarik tersendiri bagi dia. Sehingga selalu menyempatkan waktu untuk mampir dan berbelanja pagi di Pasar Tani.

"Di sini produknya terjamin bersih dan ramah penjualnya. Pokoknya mari kita serbu Pasar Tani di Dinas PKP setiap hari Jumat," ajaknya. (*)

  • Bagikan