Perkuat Pengawasan, Kanimsus Makassar Rapat Bersama Tim Pengawasan Orang Asing Bulukumba

  • Bagikan
Kanimsus Makassar Rapat bersama Tim Pengawasan Orang Asing Bulukumba

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL - Kabupaten Bulukumba memiliki salah satu daerah wisata unggulan di Sulawesi Selatan yang ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Daerah wisata tersebut adalah pantai Bira yang terletak pada kecamatan Bonto Bahari kabupaten Bulukumba.

Menurut data oleh DInas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bulukumba, pada bulan September ini terjadi peningkatan jumlah wisatawan di Pantai Bira. Hal ini tentunya menjadi perhatian dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Makassar terkait pengawasan kegiatan orang asing salah satunya adalah wisatawan asing.

Untuk meningkatkan pengawasan terhadap kegiatan orang asing, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Makassar menggelar kegiatan rapat bersama Tim Pengawasan Orang Asing di Kabupaten Bulukumba.

Kegiatan ini dibuka oleh Pejabat Sementara Bupati Bulukumba bapak Muhammad Rasyid, dan dihadiri oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan bapak Jaya Saputra dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Makassar bapak Abdi Widodo Subagio.

Rapat TIMPORA kali ini di ikuti oleh perwakilan Forkopimda dan DInas terkait, seperti Kesbangpol, Kejaksaan, Kementerian Agama, Dinas Catatan Sipil, Dinas Pariwisata, Dinas Ketenagakerjaan, Pengadilan, Kepolisian dan Kodim 1411 Bulukumba, serta BNN Prov Sulsel, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pare-Pare dan Rumah Detensi Imigrasi Makassar.

Pada Rapat ini dibahas mengenai potensi peningkatan jumlah keberadaan orang asing pada Kabupaten Bulukumba, utamanya pada kawasan wisata Pantai Bira dan bagaimna keberadaan TIMPORA dapat membantu tugas dan fungsi pengawasan keimigrasian di wilayahnya.

TIMPORA atau Tim Pengawasan Orang Asing sendiri bertugas untuk melakukan pengawasan terkait keberadaan dan kegiatan orang asing yang berada di lingkungan kerja mereka. (*)

  • Bagikan