Ke Luwu Timur, Fatmawati Rusdi Dapat Dukungan dari Tokoh Perempuan dan Agama

  • Bagikan
Calon Wakil Gubernur Sulsel Fatmawati Rusdi saat melakukan kampanye di Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Sabtu (28/9/2024).

LUWU, RAKYATSULSEL - Dukungan terhadap pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 2, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) terus mengalir memasuki masa kampanye pemilihan gubernur Sulawesi Selatan (Pilgub Sulsel) 2024. Gelombang dukungan kembali terlihat dalam lawatan Fatmawati ke Kabupaten Luwu Timur (Lutim).

Saat agenda silaturahmi yang dipusatkan di Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Sabtu (28/9/2024) malam, sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan tokoh perempuan secara terbuka menyatakan dukungan penuh kepada Andalan Hati. Mereka menginginkan Andalan Hati memimpin untuk menjadikan Sulsel Maju dan Berkarakter.

Antusiasme itu sudah terpancar begitu Fatmawati tiba di lokasi acara yang dihelat di kediaman putra daerah Luwu Timur, Irwan Bachri Syam. Fatmawati disambut meriah dengan teriakan "ewako, Andalan Hati!" dan "coblos perempuan".

Muhammad Daud, tokoh masyarakat Malili, menilai Fatmawati sebagai pemimpin yang komunikatif dan cepat berbaur dengan masyarakat.

"Saya menyaksikan sendiri, beliau bisa memahami kondisi masyarakat. Maka insyaallah beliau juga bisa mengerti apa yang menjadi kebutuhan masyarakat," kata Imam Masjid Al Ikhwan Bunker Malili itu.

Sementara itu, dukungan dari umat beragama Hindu diwakili Ida Bagus Sudialitika. Dia menilai Fatmawati sebagai sosok yang mampu mendorong peran perempuan, baik di legislatif maupun eksekutif.

"Saya akan sebarkanluaskan ke seluruh masyarakat Hindu ataupun Bali yang sudah menetap di Luwu Timur ini untuk mendukung penuh Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi," ungkapnya.

Selain itu, Irwan Bachri Syam, selaku tuan rumah acara dan putra asli Luwu Timur, turut mengajak masyarakat yang hadir untuk mendukung Fatmawati, satu-satunya kandidat perempuan dalam Pilgub Sulsel 2024.

"Begitu kita masuk di TPS nanti, buka surat suara pemilihan gubernur dan cari foto yang ada perempuan di situ. Langsung coblos nomor 2," kata Ibas, sapaan akrabnya, yang juga Ketua DPD NasDem Luwu Timur.

Merespons dukungan tersebut, Fatmawati yakin pasangan Andalan Hati akan memenangkan Pilgub Sulsel.

"Bapak-bapak pasti ikut pilihannya ibu-ibu. Karena perempuan tercipta dari tulang rusuk laki-laki. Tulang rusuk itu dekat dengan hati. Jadi, tentu bapak-bapak selaku jadi Andalan Hati," ujar mantan Wakil Wali Kota Makassar ini.

Sementara itu pimpinan Parpol dan Fraksi DPRD Kabupaten Luwu dari partai pengusung pasangan calon nomor urut 2, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati), menargetkan kemenangan telak pada pemilihan gubernur Sulawesi Selatan (Pilgub Sulsel) 2024.

Mereka optimistis duet dengan jargon Sulsel Maju dan Berkarakter akan meraih 80 persen suara di Bumi Sawerigading.

Pernyataan tersebut disampaikan di hadapan calon wakil gubernur, Fatmawati, dalam pertemuan fraksi pengusung Andalan Hati di Cafe The Zoel, Kecamatan Belopa, Luwu, Minggu (29/9/2024). Dukungan yang solid anggota fraksi DPRD Luwu menjadi landasan kuat untuk mewujudkan target yang dipatok.

Sekretaris DPD II Partai Golkar Luwu, Muhammad Husby Tory, menegaskan koalisi besar yang terbentuk akan menjadi kunci untuk memenuhi target kemenangan.

"Jadi, insyaallah target 80 persen ke atas tentunya bisa kita penuhi," katanya.

Menurut Husby, dominasi Andalan Hati di Luwu sangat kuat karena pamor kandidat lain tidak begitu terasa di daerah ini.

"Memang di sini yang dikenal hanya Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi. Untuk Andalan hati kita tidak perlu ragukan lagi. Pasti kita sama-sama memenangkan," jelasnya.

Selaras dengan Husby, Sudirman Bala dari Fraksi Demokrat juga meyakini Andalan Hati mampu memikat mayoritas dari 267 ribu pemilih di Luwu.

"Pasangan ini memang sangat ideal untuk memajukan Sulawesi Selatan, khususnya kami di Kabupaten Luwu baik secara ekonomi, budaya, kesehatan, dan pertanian. Apalagi daerah kita ini potensinya sangat bagus, tetapi masuk daerah tergolong miskin," ungkapnya.

Para anggota DPRD Luwu berkomitmen untuk menjadikan Luwu sebagai salah satu lumbung suara utama bagi Andalan Hati pada Pilgub Sulsel.

"Mengenai kemenangan, insyaallah seperti yang dikatakan teman-teman (fraksi) lainnya, 80 persen suara untuk Andalan Hati di Kabupaten Luwu," ucapnya.

Diketahui, Andalan Hati diusung 10 partai pada Pilgub Sulsel, yakni NasDem, Golkar, Gerindra, Demokrat, Perindo, PKS, Hanura, PSI, Gelora, dan PAN.

Khusus di Luwu, dari 35 total anggota DPRD, 21 diantaranya merupakan kader dari parpol koalisi Andalan Hati. Masing-masing,  NasDem 6 kursi, Golkar 5 kursi, Gerindra 5 kursi, Demokrat 3 kursi, Perindo 1 kursi, dan PKS 1 kursi.

Deretan partai tersebut mempunyai sikap berbeda pada pemilihan bupati (Pilbup) Luwu, tetapi solid mendukung Andalan Hati pada Pilgub Sulsel. Gerindra mengusung Agussalim-Erwin Barabba; Golkar dan Demokrat di kubu Patahuddin-Dhevy Bijak; serta NasDem, PKS, dan Perindo kompak di Arham Basmin-Rahmat. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version