Buaya Berukuran Empat Meter Muncul di Kanal Dekat Perumahan Elit Panakkukang 

  • Bagikan
Lokasi penampakan Buaya dekat kawasan perumahan elit Azalea, Kecamatan Panakkukang, Makassar.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kemunculan seekor buaya di kanal Jalan Anggrek, dekat kawasan perumahan elit Azalea, Kecamatan Panakkukang, Makassar, membuat geger warga sekitar hingga viral di sosial media (sosmed). 

Buaya berukuran dewasa itu muncul di waktu sore. Bahkan menurut keterangan warga sekitar, buaya tersebut sudah beberapa kali muncul di tepian kanal dekat pemukiman elit tersebut.

"Mulai muncul lagi waktu malam Minggu, dari siang sampai malam," ujar Farel, salah seorang warga sekitar, Senin (30/9/2024) siang.

Farel mengatakan, ukuran buaya tersebut diperkirakan mencapai empat meter. Dan sejauh ini hanya satu ekor saja yang kerap muncul dipermukaan air.

Kemunculannya pun disebut bukan kali pertama. Bahkan, petugas Animal Rescue dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Makassar, sempat berusaha menangkapnya namun kabur.

"Satu ekorji tapi besar, empat meter kayaknya panjangnya. Sejauh ini itu buaya sudah tiga kali muncul. Kemarin mau ditangkap Damkar tapi lari, banyak sekali orang senterki jadi lari," tutur Farel.

Kasi Operasi Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Makassar, Idham Khalid mengatakan pihaknya sempat ingin melakukan penangkapan buaya tersebut namun tidak berhasil. 

"Jadi pernah kami melakukan rencana penangkapan berdasarkan laporan warga yang masuk di sekitar situ. Dua kali kami ke sana, tapi begitu mau di tangkap langsung kabur masuk ke air. Namanya binatang, kalau dia merasa terancam langsung kabur," kata Idham. 

Ia menyebut, buaya tersebut selalu muncul di tempat yang sama. Sehingga Idham menduga buaya itu sedang mencari tempat untuk bersarang. 

Adapun buaya yang muncul di sekitar pemukiman warga itu jenis buaya sungai karena tergolong agresif.

"Selalu muncul di tempat yang sama, mungkin bisa saja dia bertelur atau lagi cari sarang karena munculnya di lokasi yang sama, dekat perumahan elit di situ," terangnya.

"Kemungkinan buaya sungai, karena sempat dia muncul di sungai dekat cuci mobil dan seolah-olah kayak marah, dan mau menerkam," sambungnya.

Dengan kehadiran buaya tersebut, Idham mengimbau warga sekitar untuk berhati-hati saat beraktivitas di sekitar kanal. Iapun meminta kepada warga untuk langsung menghubungi pihak Damkar Makassar apabila kembali melihat kemunculan buaya itu.

"Kami juga antisipasi sambil mengimbau warga untuk antisipasi apabila beraktivitas di situ. Kami juga mengimbau warga, apabila melihat buaya tersebut naik ke darat untuk menghubungi pemadam kebakaran," pungkasnya. (Isak/B)

  • Bagikan