Kanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila 01 Oktober

  • Bagikan
Upacara Hari Kesaktian Pancasila, yang digelar di halaman Kanwil Kemenkumham Sulsel, Selasa, 1 Oktober 2024.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila pada Selasa (01/10). Upacara ini mengusung tema "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas".

Upacara yang digelar di halaman Kanwil Kemenkumham Sulsel ini dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil), Taufiqurrakhman dalam hal ini bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sementara itu bertindak sebagai komandan upacara yakni Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi pada Divisi Pemasyarakatan Ashari.

Selama upacara berlangsung, seluruh pegawai tampak mengikutinya dengan penuh hikmat. Upacara ini diisi dengan rangkaian penghormatan, mengheningkan cipta, pembacaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, pembacaan Naskah Ikrar, hingga pembacaan doa.

Usai mengikuti upacara, Kakanwil Taufiqurrakhman mengatakan bahwa keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila, terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi toleransi, gotong royong, dan persatuan sebagai kunci dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Emas.

“Dengan Pancasila, kita dapat menghadapi tantangan global dan menjaga keutuhan bangsa dari ancaman-ancaman yang berpotensi memecah belah negara,” ungkapnya.

Lebih lanjut Taufiqurrakhman mengatkan bahawa Pancasila menuntun seluruh pihak untuk bersikap dalam hal perbedaan.

“Pancasila menjadi pegangan agar kita selalu menjunjung tinggi persatuan, kesatuan, kemanuisiaaan, dan keadilan sosial. Pancasila adalah fondasi bagi bangsa Indonesia untuk melangsungkan kehidupan, untuk terus bergerak maju menjadi sebuah bangsa yang beradab,” ujar Tafuqurrakhman.

Untuk dapat mengimplementasi nilai Pancasila menunju Indonesia Emas 2045, Kakanwil Taufiqurrakhman mengajak seluruh jajaran untuk selalu meningkatkan semangat kerja dan kontribusi nyata di dalam pelaksanaan tugas dan fungsi (tusi) sehari-hari.

“Kita semua adalah bagian dari sejarah besar bangsa ini, dan cita-cita Indonesia Emas 2045 adalah tugas serta tanggung jawab seluruh pihak tanpa terkecuali," jelas Taufiqurrakhman.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila diikuti oleh seluruh Jajaran Pimti Pratama, para Pejabat Administrator dan Pengawas, dan seluruh Pegawai Kanwil. (*)

  • Bagikan