Presiden Jokowi dan Prabowo Hadiri Pelantikan Anggota DPR dan DPD 2024-2029

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Presiden terpilih Prabowo Subianto saat tiba di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). (ANTARA/HO-MPR RI)

JAKARTA, RAKYATSULSEL -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara pelantikan serta pengucapan sumpah dan janji anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia periode 2024-2029 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Berdasarkan pantauan, iring-iringan Presiden tiba di lokasi sekitar pukul 09.34 WIB. Presiden turun dari mobil kepresidenan satu menit kemudian, tepat pada pukul 09.35 WIB.

Menariknya, Presiden Joko Widodo berjalan beriringan dengan Presiden terpilih, Prabowo Subianto, yang juga hadir dalam acara tersebut. Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo tampak turut mendampingi mereka dari belakang.

Setelah tiba, Presiden Jokowi dan Prabowo berfoto bersama sejumlah pejabat lainnya di lokasi sebelum memasuki ruangan VVIP.

Pada hari ini, sebanyak 580 anggota DPR RI dan 152 anggota DPD RI yang terpilih berdasarkan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang hasil Pemilu Legislatif 2024 dilantik secara resmi. Jumlah anggota DPR yang dilantik meningkat dari 575 pada periode sebelumnya menjadi 580 orang. Sementara itu, jumlah anggota DPD RI bertambah dari 136 menjadi 152 orang.

Partai politik yang berhasil mengirimkan wakilnya ke DPR untuk periode ini antara lain PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional. (fajar online)

  • Bagikan