11 Sekolah di Bulukumba Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

  • Bagikan
11 sekolah di Bulukumba yang berhasil meraih penghargaan Adiwiyata. Sembilan raih Adiwiyata Nasional dan dua Raih Adiwiyata Mandiri.

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL – Kabupaten Bulukumba kembali mencatatkan prestasi di tingkat nasional dengan 11 sekolah yang berhasil meraih penghargaan Adiwiyata. Sebanyak sembilan sekolah dianugerahi Adiwiyata Nasional, sementara dua lainnya meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri.

Sekolah-sekolah yang meraih Adiwiyata Nasional meliputi MIN 3 Bulukumba, SDN 221 Tanah Kongkong, SMAN 8 Bulukumba, SMPN 37 Bulukumba, SMPN 5 Bulukumba, SDN 11 Kalumeme, SDN 2 Terang-Terang, SMPN 1 Bulukumba, dan SMPN 2 Bulukumba. Sedangkan, penghargaan Adiwiyata Mandiri diberikan kepada MIN 1 Bulukumba dan MTSS Badan Amal Ujungloe.

Penghargaan Adiwiyata ini diserahkan dalam seremoni penyerahan piagam dan trofi yang berlangsung di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta Pusat, Rabu, 2 Oktober 2024.

Dengan prestasi ini, Bulukumba menjadi salah satu daerah di Sulawesi Selatan dengan jumlah sekolah penerima Adiwiyata terbanyak, hanya di bawah Kota Makassar yang memiliki 16 sekolah penerima Adiwiyata.

Program Adiwiyata merupakan inisiatif Kementerian Lingkungan Hidup yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan warga sekolah. Program ini, yang juga dikenal sebagai Green School, mendorong aksi nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Prestasi ini merupakan hasil kolaborasi antara pihak sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bulukumba. Kedua lembaga ini bekerja sama dalam mengubah pola pikir dan perilaku warga sekolah terhadap isu-isu lingkungan.

  • Bagikan