Gowa Satu-satunya Peraih SAKIP Predikat BB di Sulsel 

  • Bagikan

Sementara, Menpan-RB, Abdullah Azwar Anas mengatakan, capaian SAKIP dalam 10 tahun terakhir atau periode 2014 hingga 2023 menunjukkan tren yang positif. Pergerakan positif ini terlihat dengan perbaikan tata kelola pemerintahan dan peningkatan akuntabilitas kinerja. 

Dirinya menyebutkan, Pemerintah Daerah dengan SAKIP predikat AA yang sebelumnya hanya diterima 1 pemerintah daerah, maka di tahun ini berhasil diterima 3 pemerintah daerah. Sementara untuk predikat BB yang sebelumnya diterima 74 pemerintah daerah, kini menjadi 87 pemda. 

“Hal ini menggambarkan komitmen kuat pemerintah dalam mewujudkan birokrasi yang lebih transparan dan berorientasi hasil,” ungkapnya.

Kepala Bagian Organisasi Setkab Gowa, Taufik mengatakan bahwa pecapaian ini tidak terlepas dari komitmen Bupati Gowa dan Wakil Bupati Gowa untuk menciptakan pemerintahan yang akuntabel, transparan, serta berorientasi pada pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien.

“Ini sangat memegang peran kunci dalam pencapaian nilai SAKIP Kabupaten Gowa yang telah mengarahkan dan memastikan kinerja pemerintah daerah berjalan sesuai dengan prinsip akuntabilitas dan efisiensi. Komitmen yang kuat dari Bupati Gowa dan Bapak Wakil Bupati Gowa membuat pelaksanaan SAKIP di daerah telah berjalan lebih baik,” ujarnya.

Taufik menjelaskan bahwa penilaian SAKIP ini dilaksanakan setahun sekali yang lokus aspek penialainnya adalah perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja dan evaluasi kinerja yang melibatkan seluruh OPD yang ada di Pemerintah Kabupaten Gowa.

  • Bagikan

Exit mobile version