Polres Luwu Gelar Latihan Keamanan Darurat Skala Besar di Bandara Bua

  • Bagikan
Polres Luwu turut berpartisipasi dalam Kegiatan Latihan Keamanan Darurat Skala Besar (Full Scale Exercise) yang diselenggarakan di Bandara Udara Lagaligo Bua, Rabu (02/10/2024).

LUWU, RAKYATSULSEL – Polres Luwu turut berpartisipasi dalam Kegiatan Latihan Keamanan Darurat Skala Besar (Full Scale Exercise) yang diselenggarakan di Bandara Udara Lagaligo Bua, Rabu (02/10/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah potensi kekacauan yang dapat timbul akibat tindakan melanggar hukum, serta memastikan kesiapsiagaan seluruh pihak dalam menangani situasi darurat di bandara.

Latihan keamanan ini merupakan bagian dari upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban, terutama di area vital seperti bandara.

Polres Luwu bekerja sama dengan instansi terkait dalam menguji prosedur standar operasional (SOP) yang berlaku, guna mengetahui apakah dokumen-dokumen tersebut masih relevan dan layak digunakan dalam menghadapi potensi ancaman.

Diketahui dalam kegiatan latihan ini Polres Luwu menerjunkan 1 Peleton Dalmas Awal, 1 Peleton Dalmas Lanjut, 1 Regu Tim Raimas (Pengurai Massa) serta Polres Luwu turut membawa Kendaraan Taktis dalam simulasi latihan ini.

Kapolres Luwu AKBP Arisandi melalui Wakapolres Luwu Kompol Misbahuddin menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya melatih kesiapan personel, namun juga menguji kelayakan dan efektivitas SOP yang ada di Bandara Lagaligo Bua.

"Latihan seperti ini diadakan oleh pihak bandara setiap dua tahun sekali sebagai upaya evaluasi berkelanjutan. Kami memastikan bahwa SOP yang digunakan terus diperbarui sesuai dengan perkembangan potensi ancaman yang ada," ujar Wakapolres.

Dengan adanya latihan ini, diharapkan sinergi antar-instansi semakin kuat dalam menjaga stabilitas keamanan, terutama di kawasan yang memiliki tingkat kerawanan tinggi seperti bandara.

Kepala Bandar Udara Lagaligo Bua Suharmadji, turut memberikan apresiasi kepada personel Polres Luwu yang telah berpartisipasi aktif dalam Latihan Keamanan Darurat Skala Besar (Full Scale).

"Kami sangat berterima kasih atas kerja sama dan dedikasi yang ditunjukkan oleh Polres Luwu dalam kegiatan ini. Kesiapan dan profesionalisme rekan-rekan menjadi kunci utama dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Bandara Lagaligo Bua. Semoga sinergi ini terus terjaga dan SOP yang diuji dapat semakin memperkuat keamanan di area bandara," tutur Suharmadji.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah V Makassar yang di wakili oleh Kepala Seksi Keamanan Penerbangan Sutarman, Danramil Padang Sappa Kapten Kav Mujahid, Kasat Samapta Polres Luwu AKP Py Catur Suhendra, Kasubbag Bin Ops Polres Luwu AKP Ralim, Kapolsek Bua Iptu Anwar Syamsuddin, Kasi Humas Polres Luwu Iptu Yakobus R., Kaur Bin Ops Sat Intelkam Polres Luwu Ipda Surahwil, Kepala Dinas Perhubungan Supriadi, Kepala BPBD Kab. Luwu yang di Wakili Kabid Kedaruratan dan Logistik Karyadi, serta Kepala BBPK Makassar Wilayah kerja Palopo DR. Muh. Haskar Hasan. (Irwan)

  • Bagikan

Exit mobile version