AKD DPRD Makassar Resmi Terbentuk, Ada Fraksi Mulia

  • Bagikan
Rapat Paripurna penetapan Alat Kelengkapan Dewan DPRD Kota Makassar, di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Makassar, Kamis (3/10/2024).

MAKASSAR - Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Kota Makassar periode 2024-2029 resmi terbentuk. Pimpinan sementara DPRD Kota Makassar telah menetapkan sembilan fraksi.

Penetapan struktur fraksi ini dilakukan melalui Rapat Paripurna Masa Persidangan Pertama Tahun Sidang 2024/2025 DPRD Kota Makassar, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Makassar, Jl. A.P. Pettarani, pada Kamis (3/10/2024).

Sembilan fraksi yang terbentuk antara lain: Nasdem, Golkar, PKS, Gerindra, PKB, PDI Perjuangan, PPP, Fraksi MULIA, dan Fraksi Amanat Persatuan Indonesia.

Fraksi MULIA merupakan gabungan partai koalisi pengusung pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2024, Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham, yang terdiri dari Partai Demokrat dan Hanura. Meskipun setiap fraksi terdiri dari lima orang, Partai Perindo memilih bergabung dengan Fraksi Amanat Persatuan Indonesia, yang merupakan gabungan PAN dan Perindo.

Ketua Fraksi MULIA DPRD Makassar, Ray Suryadi Arsyad, mengatakan bahwa Partai Demokrat akhirnya memutuskan untuk berkoalisi dengan Hanura setelah sebelumnya sempat berkomunikasi dengan Perindo.

"Awalnya, kami sempat berkomunikasi dengan Perindo, namun Perindo akhirnya memilih untuk bergabung dengan PAN. Kini, semua partai sudah memiliki fraksi masing-masing," ujar Ray Suryadi Arsyad usai Rapat Paripurna.

Nama "MULIA" diusulkan oleh masing-masing ketua partai, yakni Demokrat dan Hanura Makassar. Nama tersebut dipilih karena dianggap sesuai dengan tugas dan fungsi legislator untuk memuliakan masyarakat.

  • Bagikan

Exit mobile version