Antisipasi Bencana Alam, Rutan Pangkajene Gelar Simulasi Gempa Bumi

  • Bagikan

PANGKEP, RAKYATSULSEL - Rutan Kelas IIB Pangkajene menggelar sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana alam gempa bumi, di Aula Rutan Kelas IIB Pangkajene, Rabu (2/10).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai, anggota Pipas serta warga binaan yang bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pangkep. 

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan tindak lanjut Surat Edaran Plt. Direktur Jenderal tentang Langkah-Langkah Strategis Pengamanan dalam Mengantisipasi Potensi Gempa di Zona Megathrust. 

"Besar harapan kami agar seluruh peserta yang hadir dapat memperhatikan seksama sosialisasi yang diberikan, agar memiliki modal pengetahuan dan tahu harus berbuat apa jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam," ujar Kepala Rutan kelas IIB Pangkajene, Irphan Dwi Sandjojo.

Terpisah Kepala Pelaksana BPBD Pangkep, Muslimin Yusuf mengatakan jika kegiatan ini merupakan upaya penanganan apabila terjadi, termasuk bagaimana upaya mitigasi bencana alam itu sendiri.

"Kami dari BPBD Pangkep senang berkesempatan memberikan pemahaman berkaitan dengan mitigasi bencana dan langkah-langkah evakuasi," ucap Muslimin.

Pada kesempatan ini, Tim dari BPBD Pangkep memperagakan secara langsung teknik evakuasi dan cara memindahkan korban bencana. 

Lebih lanjut, mereka berkolaborasi dengan para petugas dan warga binaan dalam melaksanakan simulasi terjadinya gempa bumi.

Pelaksanaan sosialisasi serta simulasi terjadinya bencana alam gempa bumi ini, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan keterampilan dalam menghadapi potensi terjadinya bencana alam yang bisa datang kapan saja. (Atho)

  • Bagikan