Ribuan Warga Sambut Daeng Manye – Hengky Yasin di Perayaan Maulid Cikoang

  • Bagikan
Ribuan masyarakat Desa Cikoang sambut pasang calon Bupati Takalar, Mohammad Firdaus Daeng Manye-Hengky Yasin.

TAKALAR, RAKYATSULSEL - Ribuan warga Desa Cikoang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar menyambut dengan antusias kedatangan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Takalar, Mohammad Firdaus Daeng Manye-Hengky Yasin pada perayaan Maulid Cikoang, Kamis (03/10/2024).

Kegiatan yang digelar setiap tahun itu menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat dari berbagai penjuru, bahkan melibatkan peserta dari luar Sulawesi Selatan hingga Mancanegara.

Dihadapan ribuan warga Cikoang Daeng Manye mengatakan Maulid Cikoang telah menjadi agenda tahunan yang tak hanya menarik perhatian lokal, tetapi juga nasional dan perayaan ini menjadi ajang silaturahmi dan menunjukkan kekayaan budaya serta agama masyarakat Takalar.

Dia menegaskan pentingnya pelestarian kegiatan ini sebagai bagian dari pengembangan wisata budaya religi di Sulawesi Selatan. Dari sudut pandang potensi wisata, Daeng Manye mengungkapkan keinginan untuk mengembangkan daerah pelaksanaan Maulid Cikoang.

"Kawasan aliran Sungai Cikoang memiliki pemandangan yang indah, dan perlu dilakukan penataan agar bisa menjadi daya tarik tersendiri," kata Daeng Manye dalam sambutannya.

Ia juga menekankan ke depan perlunya renovasi bangunan yang ada untuk menciptakan suasana yang lebih menarik saat perayaan Maulid Cikoang berlangsung.

Selain itu, Daeng Manye menyarankan ke depannya agar dilakukan pengaturan fasilitas selama acara, seperti tempat parkir, UMKM, dan atraksi seni budaya.

"Dengan banyaknya pengunjung yang datang, kita harus memastikan semuanya berjalan lancar dan nyaman. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi industri kecil dan menengah di Takalar,” ujarnya.

Mantan Presiden Direktur PT Telkom Property tersebut mengungkapkan jika yang hadir pada perayaan Maulid Cikoang tersebut diperkirakan mencapai ribu orang, dan berbelanja minimal Rp10 ribu per orang saja maka potensi pemasukan untuk daerah bisa mencapai ratusan juta rupiah.

“Ini belum termasuk sponsor dan pendapatan lainnya, yang tentunya akan meningkatkan ekonomi lokal,” ujarnya menambahkan.

Daeng Manye juga mengatakan pentingnya pemasaran digital dan media sosial lainnya untuk acara Maulid Cikoang ini agar supaya memperluas jangkauan promosi Maulid Cikoang tersebut.

“Ke depan perlu pembuatan video dokumenter yang menggambarkan sejarah perayaan ini agar dapat dikenalkan kepada generasi muda, termasuk di sekolah-sekolah,” pungkas Daeng Manye.

Sementara, salah salah seorang tokoh masyarakat Cikoang, Tuan Lio, berharap agar Daeng Manye terpilih sebagai Bupati Takalar. Ia meminta perhatian untuk memperbesar panggung perayaan yang selama ini dinilai terlalu kecil.

"Kami ingin acara ini semakin meriah dan dapat menampung lebih banyak pengunjung," pinta Tuan Lio.

Selain itu Tuan Lio juga mengatakan kebersamaan dan harapan yang tinggi, perayaan Maulid Cikoang kali ini tidak hanya menjadi momen spiritual, tetapi juga sebuah kesempatan untuk memajukan ekonomi dan budaya daerah.

“Keberadaan pasangan Daeng Manye-Hengky Yasin di tengah-tengah masyarakat Cikoang menjadi sinyal positif untuk perubahan yang lebih baik di Takalar,” ungkapnya. (Adhy)

  • Bagikan

Exit mobile version