Beri Pembekalan Bagi Calon Wisudawan, Unismuh Makassar Gelar Kuliah Tamu Kewirausahaan 

  • Bagikan
Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Bambang Setiaji (kanan) dan Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Prof. Andi Syukri Syamsuri (kiri)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) Makassar menghadirkan Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Bambang Setiaji pada Kuliah Tamu, Jumat (4/9/1024).

Kegiatan bertajuk "Jihad Kewirausahaan" ini digelar sebagai pembekalan bagi calon wisudawan yang akan menjunjung toga pada Selasa (15/10/2024) mendatang.

Prof Bambang dalam materinya membahas tentang buku yang ditulisnya terkait kewirausahaan. Menurutnya buku tersebut ditulis berdasarkan situasi ekonomi saat ini serta sulitnya mencari kerja. 

"Disitulah kita lemah, kita ingin mahasiswa  kuat, sebab keluarga kita  selalu menginginkan kita menjadi pegawai negeri sipil, padahal negara kita sudan memiliki jutaan Pegawai Neger Sipil.  wiraswasta di era IT memiliki peluang besar, namun banyak yang mempengaruhi generasi z yang membuat. Generasi muda tidak tertarik dengan Wirausaha kemungkinan besar adalah kurikulum kita konvensional dan  iklim usaha, keluarga selalu ingin ingin  pegawai, sudah lama sekali begitu dan kita ingin lebih meningkatkan kemandirian," paparnya.

"Tadi juga saya sebut kalau bersekolah guru jangan hanya ingin jadi guru aja, ciptakan independen school, independen klinik, dan Muhammadiyah saya harapkan  ada Muhammadiyah independen school dan saya haran ini bermula di Makassar, kota bisnisnya pak Yusuf Kalla yang sangat terkenal sejak dulu Jaka orang Bugis mempelopori niaga," tambahnya.

Sejalan dengan itu, Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Prof. Andi Syukri Syamsuri, mengatakan Prof Bambang dipilih menjadi pemateri pada kuliah tamu sebab cara pikirnya  sangat sederhana. 

"Hari ini kita pembekalan wisuda sekaligus mengundang beliau karena beliau menulis tentang jihad kewiraswastaan menolong diri sendiri dan ummat. Kita berharap dengan hadirnya beliau bisa menginspirasi calon wisudawan untuk menciptakan dan mampu melahirkan lapangan kerja," ujar Prof Andis

"Ternyata beliau telah memikirkan hal-hal yang tidak kita pikirkan dan sebenarnya bisa kita lakukan. Kedua beliau adalah majelis Dikti Litbang anak-anak kita bisa bertemu dengan beliau selaku pimpinan Dikti Muhammadiyah, beliau keliling Indonesia meluncurkan bukunya," tandasnya. (Hikmah/A)

  • Bagikan

Exit mobile version