Pilgub Sulsel 2024: DIA VS Andalan Hati, Pertarungan Dukungan Raja-raja di Sulsel Melawan Elit Parpol

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Dukungan masyarakat terhadap calon Gubernur dan wakil Gubernur menjadi indikator penting dalam penerimaan mereka sebagai figur pemimpin pada Pilgub 2024.

Saat ini, kedua pasangan calon Gubernur, yaitu Mohammad Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad (Danny-Azhar) dengan nomor urut 01, dan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Sudirman-Fatma) dengan nomor urut 02, sedang berupaya meraih simpati publik.

Dukungan dari masyarakat terus bermunculan, termasuk dukungan dari kalangan kerajaan dan elit partai politik di Sulsel. Misalnya, pasangan Danny-Azhar mendapatkan dukungan dari tokoh agama dan kelompok raja-raja di Sulsel. Di sisi lain, pasangan ASS-Fatma juga mendapatkan dukungan dari tokoh agama, tokoh perempuan, dan elit partai politik.

Pengamat Politik dan Konsultan dari Nurani Strategic Consulting, Dr. Nurmal Idrus, mengungkapkan bahwa setiap paket pasangan calon Gubernur dalam kontestasi Pilgub memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

"Sehingga manuver untuk mendapatkan dukungan dari lintas tokoh pun dilakukan, dan mereka memiliki peluang untuk memenangkan kontestasi," ujarnya, Jumat (4/10/2024).

Menurutnya, survei pendahuluan hanya menjadi dasar awal prediksi dan mungkin tidak mencerminkan hasil akhir yang sesungguhnya.

Semua tergantung pada kemampuan pasangan calon dalam mengeksplorasi kelebihan mereka dan meredam kelemahan yang ada untuk menarik simpati masyarakat dan komunitas yang lebih luas.

  • Bagikan

Exit mobile version