Pj Walikota Parepare Abdul Hayat Gani Apresiasi Inovasi Pasar Tani Dinas PKP, Dorong Hadirkan Agrowisata

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Penjabat Walikota Parepare Abdul Hayat Gani mengunjungi Pasar Tani, salah satu inovasi Dinas Pertanian, Kelautan Perikanan (PKP) yang menjadi primadona masyarakat.

Kunjungan tersebut didampingi beberapa kepala SKPD lingkup Pemerintah Kota Parepare, di Halaman Kantor Dinas PKP, Jumat, (4/10/2024) .

Usai mengunjungi beberapa stand petani binaan Dinas PKP, Abdul Hayat Gani mengapresiasi langkah-langkah Dinas PKP untuk menghadirkan pangan murah di tengah-tengah masyarakat dalam tiga penanganam, yakni penanganan Inflasi, Kemiskinan Ekstrem dan Penanganan Stunting.

"Luar biasa inovasi yang dilakukan oleh Kadis PKP. Ini adalah untuk menjawab salah satu intervensi terkait dengan inflasi. Bayangkan kalau harganya terjangkau dan masyarakat juga merasa terbantu dengan pasar tani ini, sehingga daya beli muncul. Sayapun juga tadi belanja langsung. Jadi saya tertarik sekali, mungkin saya akan kesini tanpa bilang-bilang, " Ucap Abdul Hayat.

Bahkan Abdul Hayat mendorong Dinas PKP untuk lebih meningkatkan inovasi tersebut agar menjadi bahan edukasi bagi masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong dengan menanam bahan pokok pangan seperti cabai dan lainnya. Hal ini kata dia, dapat menjadi nilai tambah untuk keluar dari kemiskinan Ekstrem.

"Dari sektor-sektor inilah kita kemas, merupakan bagian dari mengedukasi masyarakat bahwa lahan-lahan yang nganggur bisa dimanfaatkan untuk menanam cabai dan lain-lain. Inovasi ini menjadi nilai tambah juga untuk lebih meningkatkan hasil-hasil pertanian, agar ada nilai tambah bagi masyarakat " tandasnya.

Pada kesempatan itu juga, Mantan Sekprov Sulsel ini berharap agar Dinas PKP menghadirkan Agrowisata budidaya ikan, pertanian dan peternakan.

"kita bisa jadikan agrowisata disini seperti di Malang agrowisata apel. Nah di Parepare, ada Agrowisata budidaya ikan, ternak dan cabai. Disitulah nanti peran penyuluh untuk bersama-sama memberikan edukasi tata cara membudidaya, " harapnya. (Yanti)

  • Bagikan

Exit mobile version