Hadiri Upacara HUT ke-79 TNI di Lapangan Kodim 1424, Ini Harapan Pj. Bupati Sinjai

  • Bagikan

SINJAI, RAKYATSULSEL- Penjabat Bupati Sinjai, Andi Jefrianto Asapa dan Plh. Ketua DPRD Sinjai, Sabir menghadiri upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke- 79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Kodim 1424, Sabtu, (05/10).

Upacara yang berlangsung khidmat ini, di mulai dengan pengecekan pasukan oleh Dandim 1424 Sinjai, Letkol (Arm) Dian Akhmad Arifandi sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara (Irup).

Dalam amanatnya, Dandim 1424 Sinjai Letkol (Arm) Dian Akhmad Arifandi saat membacakan sambutan seragam Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto mengatakan, HUT ke 79 TNI tahun 2024 mengusung tema "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju".

Tema tersebut kata dia, sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif, dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara

"Makna yang terkandung dalam tema tersebut, yaitu bahwa Prajurit TNI sebagai pilar Pertahanan Negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia Maju,"jelasnya.

Oleh karenanya, prajurit TNI harus bekerja keras dan bekerja ikhlas dengan memaksimalkan kemampuan, memanfaatkan peluang, memberikan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, dan bertanggung jawab terhadap tugas yang dilaksanakan dengan dilandasi semangat gotong-royong dan sinergitas bersama komponen bangsa lainnya.

Terakhir, pada momentum ini pihaknya juga ingin menyampaikan rasa hormat dan penghargaan kepada seluruh prajurit atas dedikasi dan integritasnya dalam menjalankan tugas, sehingga TNI hingga saat ini terus mendapatkan kepercayaan dan tempat di hati rakyat Indonesia.

"Janganlah menjadikan kita lengah dan cepat berbangga diri, karena masih ada hal-hal yang harus kita benahi sehingga TNI benar-benar dapat diandalkan dalam menjaga kedaulatan bangsa, melindungi keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan," pungkasnya.

Sementara, Pj. Bupati Sinjai, Andi Jefrianto Asapa usai mengikuti upacara menyampaikan ucapan HUT ke 79 TNI.

“Dirgahayu TNI ke 79. Hari ini kita secara bersama-sama memperingatinya dan merayakannya secara bersama. Ini bentuk apresiasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai untuk TNI,” ucapnya.

Melalui momen tersebut, Pj Bupati juga berharap TNI semakin kuat, profesional, dan siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian.

“Semoga ke depan TNI makin jaya selalu, sukses, solid dalam melaksanakan tugas-tugasnya, dan bisa membuat masyarakat bersatu dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” harapnya.

Upacara peringatan HUT ke 79 TNI di Kodim 1424 Sinjai, dirangkaikan dengan atraksi seni bela diri Yongmoodo yang merupakan bela diri wajib TNI. Termasuk seni bela diri pencak silat.

Turut hadir Forkopimda, Pj Sekda Sinjai Drs. Ilham Abubakar, Kepala Perangkat Daerah, Camat, tokoh agama dan masyarakat, serta keluarga besar Persit Kartika Candra Kirana cabang 32 Kodim 1424 Sinjai. (Adv).

  • Bagikan