Pjs Wali Kota Makassar Arwin Azis Hadiri Upacara HUT TNI ke-79 di Lapangan Karebosi

  • Bagikan
Pjs Wali Kota Makassar Andi Arwin Azis saat mengahdiri upacara HUT TNI ke-79 tahun, di Lapangan Karebosi, Sabtu (5/10).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis, turut menghadiri dan menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-79 yang berlangsung di Lapangan Karebosi, Sabtu (5/10).

Upacara ini mengusung tema "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju" dan dihadiri oleh seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta masyarakat.

Dalam amanat Panglima TNI yang disampaikan oleh Inspektur Upacara, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Rinal Bobby Makmun, beberapa poin penting ditekankan. Tema tersebut dianggap relevan dalam menggambarkan cita-cita, semangat, dan tujuan TNI sebagai prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif dalam menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Mayjen TNI Rinal Bobby Makmun menegaskan bahwa Prajurit TNI sebagai pilar pertahanan negara memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain itu, TNI juga memiliki peran dalam mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara demi terwujudnya Indonesia Maju.

"Jika hal ini dapat terwujud, transformasi TNI menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di kancah regional maupun internasional akan menjadi keniscayaan," ujar Rinal di hadapan peserta upacara.

Rinal juga mengingatkan seluruh prajurit TNI agar selalu mengutamakan tugas dan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi. Pada kesempatan ini, ia menyampaikan penghargaan dan rasa hormat kepada seluruh prajurit atas dedikasi dan integritas dalam menjalankan tugas, yang membuat TNI terus mendapat kepercayaan dan tempat di hati rakyat Indonesia.

Dalam amanatnya, Mayjen TNI Rinal Bobby Makmun turut mengapresiasi dedikasi dan kerja keras Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, yang telah memimpin selama 10 tahun. Ia juga menyambut Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia terpilih.

Beberapa penekanan yang disampaikan kepada seluruh prajurit antara lain memperkokoh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjaga soliditas, serta membangun koordinasi yang baik dengan pemerintah daerah guna menjamin terselenggaranya Pilkada Serentak yang aman dan tertib.

Selain itu, prajurit TNI diingatkan untuk melaksanakan setiap tugas dengan penuh keikhlasan dan niat ibadah, karena tugas TNI adalah semata-mata untuk kepentingan rakyat, bangsa, dan negara. (Shasa/A)

  • Bagikan