Alumni SMANDEL Gelar Camping dan Touring di Tana Toraja

  • Bagikan

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL - Puluhan alumni Sekolah Menengah Atas Negeri 8 (SMANDEL) Makassar, dari angkatan 1985 hingga 2024, menggelar Camping and Touring di objek wisata Pango Pango, Kecamatan Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja, mulai 4 hingga 6 Oktober 2024. Acara ini menjadi momen spesial untuk mempererat tali silaturahmi di antara alumni.

Ketua panitia acara sekaligus Wakil Ketua IKA Alumni Bidang Hukum dan Keorganisasian, Ivan Kalalembang, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi yang telah beberapa kali dilakukan. Untuk kali ini merupakan yang pertama di Tana Toraja.

"Kegiatan ini adalah kesempatan bagi alumni dari angkatan 1985 hingga 2023 untuk saling bertemu dan berkontribusi," ujar Ivan kepada media.

Ivan menambahkan bahwa agenda acara diisi dengan berbagai kegiatan menarik. Pada hari pertama, peserta melakukan touring ke beberapa destinasi wisata, baik di Tana Toraja maupun di Toraja Utara, seperti Ke'te Kesu', Londa, dan Buntu Pune.

Setelah itu, mereka melanjutkan perjalanan ke Pango Pango untuk camping. Selama berada di lokasi camping, para alumni tidak hanya
bersenang-senang, tetapi juga terlibat dalam kegiatan sosial seperti membagikan pupuk kepada kelompok tani di sekitar objek wisata.

Selain itu, mereka juga memberikan edukasi tentang kepedulian terhadap lingkungan hidup di era digitalisasi. Kegiatan edukasi ini mencakup penggunaan media sosial yang baik,
yang disampaikan melalui podcast, serta berbagai hiburan lainnya untuk mengisi waktu bersama. Hal ini diharapkan dapat memberikan
wawasan baru kepada para alumni.

Penasihat IKA SMANDEL, Haji Samsul Tuo, menekankan pentingnya acara ini untuk menjaga kekompakan di antara alumni.

"Kegiatan ini sangat penting untuk memperkuat kebersamaan dan menjadi ajang bernostalgia mengingat masa-masa SMA," kata Haji Samsul.

Ia juga mengungkapkan kekagumannya terhadap keindahan alam Toraja, khususnya di Pango Pango.

"Walaupun perjalanan menuju lokasi cukup menantang, semua terbayar saat sampai di lokasi dengan pemandangan yang
asri dan eksotis," tambahnya.

Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata Tana Toraja, Sofyan, memberikan apresiasi terhadap
kegiatan ini. Ia berharap bahwa acara ini dapat meningkatkan promosi wisata Toraja dan berkontribusi pada perekonomian daerah serta peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Dengan suasana yang menyegarkan dan kegiatan yang bermanfaat, acara ini diharapkan dapat memperkuat jaringan alumni dan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat. Kegiatan ini tidak hanya menjalin kembali hubungan antar alumni, tetapi juga menciptakan kesadaran sosial yang lebih tinggi," ujar dia. (Cherly)

  • Bagikan

Exit mobile version