Google: Fitur Baru Android untuk Cegah Pencurian

  • Bagikan
Google: Fitur Baru Android untuk Cegah Pencurian

RAKYATSULSEL - Google telah mengumumkan peluncuran tiga fitur keamanan baru untuk melindungi ponsel Android dari tindakan pencurian, yang kini mulai tersedia bagi pengguna Android di seluruh dunia. Fitur-fitur tersebut adalah Theft Detection Lock, Offline Device Lock, dan Remote Lock.

Ketiga fitur ini sebelumnya telah diuji coba di Brasil selama beberapa bulan, dan sekarang ketersediaannya diperluas ke lebih banyak negara. Pakar Android, Mishaal Rahman, menemukan fitur Theft Detection Lock dan Offline Device Lock di ponsel Xiaomi 14T Pro di Amerika Serikat. Selain itu, jurnalis Android Authority, Rita El-Khoury, juga melaporkan bahwa ketiga fitur tersebut sudah tersedia di Google Pixel 9 Pro XL di Prancis.

Namun, ketersediaan fitur ini tidak merata, karena tergantung pada jenis perangkat dan negara pengguna. Seorang pengguna Pixel 7 Pro di Amerika Serikat melaporkan bahwa ia telah menerima fitur Theft Detection Lock dan Offline Device Lock, sementara pengguna Pixel 9 Pro XL di AS baru mendapatkan Remote Lock.

Selain Xiaomi dan Google, pengguna Samsung dan Motorola juga melaporkan bahwa fitur ini sudah tersedia di perangkat mereka, menurut Rahman, seperti dikutip dari Android Authority pada Senin (7/10/2024).

Theft Detection Lock bekerja dengan mendeteksi saat ponsel direbut secara paksa. Fitur ini memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk mendeteksi ketika seseorang merampas ponsel dari tangan pengguna, baik dengan mencoba melarikan diri atau berkendara. Dalam situasi tersebut, layar ponsel akan terkunci secara otomatis untuk mencegah akses lebih lanjut.

Sementara itu, Offline Device Lock dapat mengunci layar ponsel secara otomatis jika ponsel tidak terhubung ke internet selama beberapa waktu. Fitur ini memberikan lapisan perlindungan tambahan ketika ponsel dalam keadaan offline dan berpotensi hilang.

Remote Lock memudahkan pengguna untuk mengunci ponsel secara manual melalui nomor telepon jika mereka tidak dapat masuk ke Find My Device menggunakan kata sandi. Dengan fitur ini, pengguna masih dapat menjaga keamanan perangkat meskipun mereka tidak memiliki akses langsung.

Theft Detection Lock dan Offline Device Lock tersedia untuk perangkat Android yang menjalankan Android 10 ke atas, sedangkan Remote Lock dapat digunakan pada perangkat dengan Android 5 ke atas. Google merilis fitur ini secara bertahap, sehingga beberapa pengguna mungkin perlu bersabar hingga fitur ini tersedia di perangkat mereka.

  • Bagikan

Exit mobile version