Jokowi Tak Salami Wapres ke-6 Try Sutrisno di HUT TNI, Ada Apa?

  • Bagikan
Tangkapan layar video Jokowi Tak Salami Wapres ke-6 Try Sutrisno di HUT TNI

JAKARTA, RAKYATSULSEL -- Istana Kepresidenan akhirnya memberikan klarifikasi terkait potongan video yang sempat viral, memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) seolah tidak berjabatan tangan dengan Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno. Momen tersebut terjadi saat peringatan HUT TNI ke-79 di Monas, Jakarta Pusat, pada Sabtu (5/10).

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, menjelaskan bahwa Jokowi sebenarnya sudah lebih dulu menyapa dan bersalaman dengan Try Sutrisno di ruang Holding VVIP sebelum acara dimulai.

"Presiden telah menyapa dan memberikan salam kepada Wakil Presiden ke-6 Bapak Try Sutrisno serta Ibu di Holding VVIP room," ujar Yusuf dalam keterangannya pada Senin (7/10).

Yusuf menegaskan, Jokowi selalu menjunjung tinggi rasa hormat terhadap para pemimpin bangsa, termasuk mantan wakil presiden dan tokoh-tokoh nasional lainnya.

"Presiden Jokowi sangat menghormati semua tokoh pemimpin bangsa, terlebih para pemimpin terdahulu," jelasnya.

Sebelumnya, dalam video yang beredar, Jokowi terlihat menyalami sejumlah tokoh di mimbar kehormatan setelah prosesi salam kebangsaan. Saat itu, Jokowi bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin terlihat berjabat tangan dengan Jusuf Kalla dan Boediono, dua mantan Wakil Presiden. Namun, saat melewati Try Sutrisno yang berdiri dengan istrinya, Jokowi tampak tidak memberikan salam. Hal ini memicu spekulasi di media sosial.

Setelah momen itu, Jokowi lanjut menyapa dan berjabat tangan dengan Shinta Nuriyah Wahid, istri mendiang Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur), serta Yenny Wahid, putri Gus Dur. Jokowi kemudian kembali ke tempat duduknya dan melanjutkan upacara. (fajar online)

  • Bagikan

Exit mobile version