Mahfud MD Mengaku Pernah Dilobi untuk Dukung Jokowi 3 Periode

  • Bagikan
Mahfud MD.

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengaku pernah dilobi untuk mendukung wacana Presiden Jokowi 3 periode.

Mahfud mengatakan, saat itu tahun 2022 di mana wacana Presiden Jokowi 3 periode berhembus kencang. Baik dari para Menteri Jokowi, DPR, maupun dari para relawan.

Mahfud mengatakan, saat itu Presiden tidak langsung mengungkapkan keinginan 3 periode, tetapi Jokowi membiarkan para menterinya memainkan isu tersebut.

"Di tahun 2022 itu kan kita pendukung setianya (Jokowi). 2022 itu kan sudah mulai muncul gerakan-gerakan, tidak Pak Jokowi langsung tapi dia membiarkan gerakan beberapa Menteri, orang DPR, untuk mengubah 2 periode menjadi 3 periode, saya dilobi juga itu" kata Mahfud MD dikutip dari podcast Abraham Samad di YouTube, Selasa 8 Oktober 2024.

Mahfud menyebut, wacana Jokowi 3 periode itu rencananya akan dilakukan dengan mengubah Undang-Undang Dasar (UUD) lalu disahkan hanya dalam waktu satu hari.

"Undang dasar diubah, biar Pak Jokowi ngga ketahuan, pak Jokowi suruh umroh dulu. Umroh 3 hari, kita sidang MPR di sini, pasal yang menyatakan Presiden dipilih 2 periode itu diubah" kata Mahfud MD.

Dia menjelaskan, mengubah UUD itu sangat mudah bahkan hanya bisa dalam sehari.

  • Bagikan