Dilantik Jadi Komisioner KPID Sulsel, Poppy Trisnawati Fokus Advokasi Perempuan dan Anak

  • Bagikan
Poppy Trisnawati

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Dari tujuh komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan periode 2024-2027, Poppy Trisnawati menjadi satu-satunya perempuan yang dilantik. Sebagai representasi perempuan, Poppy berkomitmen untuk mengawal lembaga penyiaran dalam memberikan edukasi yang berpihak pada perlindungan perempuan dan anak.

Poppy, yang merupakan lulusan S1 Ilmu Hubungan Internasional dari Universitas Hasanuddin, dan S2 Manajemen Sumber Daya Manusia, telah memiliki pengalaman panjang di berbagai perusahaan sebelum akhirnya aktif di sejumlah organisasi dan yayasan.

“Syukur Alhamdulillah, ini adalah amanah. Saya akan menjalankan tugas ini dengan sebaik mungkin,” ujar Poppy usai dilantik, Rabu (9/10/2024).

Poppy berharap lembaga penyiaran dapat menjadi ruang advokasi yang memperhatikan kepentingan anak dan perempuan, serta tetap menjalankan fungsi edukasi kepada masyarakat.

"Saya berharap siaran yang ramah anak dan perempuan semakin diperhatikan, di mana lembaga penyiaran harus melindungi kepentingan mereka," ungkap ibu dua anak tersebut.

Poppy bersama enam komisioner lainnya resmi dilantik oleh Pj Gubernur Sulsel, Prof Dr Zudan Fakrulloh, di Ruang Rapat Pimpinan (Rapim) Kantor Gubernur. Pelantikan ini dilakukan sesuai dengan Peraturan KPI Nomor 01/P/KPI/07/2014 tentang Kelembagaan Komisi Penyiaran Indonesia, di mana seluruh proses seleksi telah dimulai sejak 2023.

Prof. Zudan menjelaskan bahwa Tim Seleksi pemilihan komisioner KPID terdiri dari lima orang yang dipilih dan disahkan oleh DPRD Provinsi, dengan memperhatikan keterwakilan unsur masyarakat, akademisi, pemerintah, dan KPI Daerah. Gubernur kemudian melanjutkan proses administratif setelah menerima nama-nama calon dari DPRD.

Pelantikan ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Sulsel Rahman Pina, Sekretaris Provinsi Sulsel Jufri Rahman, Komisi A DPRD Sulsel, para Pj Kepala Daerah, KPU/Bawaslu Sulsel, serta perwakilan dari asosiasi televisi, radio, dan sejumlah organisasi kepemudaan (OKP).

Berikut tujuh komisioner KPID Sulsel periode 2024-2027 yang dilantik:

  1. Hamka, S.Pd.I
  2. Irwan Ade Saputra, S.IP., M.Si
  3. Abdi Rahmat, S.H.
  4. Marselius Gusti Palumpun, S.IP., M.Si
  5. Nasruddin, S.Pd.I
  6. Ahmad Kaimuddin Ombe, S.M., M.Si
  7. Poppy Trisnawati, S.Sos., M.M

(Yadi/B)

  • Bagikan