Pelantikan Komisioner KPID Sulsel 2024-2027, Marselius Gusti Palumpun Cetak Sejarah

  • Bagikan
Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Zudan Fakrulloh, secara resmi melantik tujuh komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan periode 2024-2027, di Ruang Rapat Pimpinan (Rapim) Kantor Gubernur,, Rabu (09/10/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Dr Zudan Fakrulloh, secara resmi melantik tujuh komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan periode 2024-2027. Pelantikan berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan (Rapim) Kantor Gubernur, Rabu (09/10/2024).

Salah satu komisioner yang dilantik adalah Marselius Gusti Palumpun, putra Toraja yang mencetak sejarah sebagai keterwakilan minoritas pertama yang duduk di KPID Sulsel.

"Perjuangan untuk masuk KPID Sulsel melewati proses yang panjang. Puji Tuhan, alhamdulillah, hari ini kami telah dilantik. Mohon doanya agar kami dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik mungkin," ungkap Gusti Palumpun kepada wartawan usai pelantikan.

Pelantikan ini merupakan puncak dari serangkaian proses seleksi yang dimulai sejak 2023, yang mengacu pada Peraturan KPI Nomor 01/P/KPI/07/2014 tentang Kelembagaan Komisi Penyiaran Indonesia. Prof. Zudan menjelaskan bahwa seluruh proses seleksi KPID dilakukan sesuai aturan yang berlaku.

Menurut Pasal 19 ayat 3 dari peraturan tersebut, Tim Seleksi (Timsel) pemilihan anggota KPID terdiri atas lima orang yang dipilih dan disahkan oleh DPRD Provinsi dengan memperhatikan keterwakilan tokoh masyarakat, akademisi, pemerintah provinsi, dan KPI Daerah. Sementara itu, berdasarkan Pasal 19 ayat 5, Surat Keputusan (SK) penetapan Tim Seleksi dapat diterbitkan oleh Gubernur setelah didelegasikan oleh DPRD.

“DPRD telah mengirimkan tujuh nama, dan gubernur memproses secara administratif. Keputusan konstitutif sudah dilakukan oleh DPRD, dan tugas gubernur hanya untuk mengesahkan dan menerbitkan SK,” ujar Prof. Zudan setelah pelantikan.

Acara pelantikan dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Sulsel Rahman Pina, Sekretaris Provinsi Sulsel Jufri Rahman, Komisi A DPRD Sulsel, para Pj kepala daerah, KPU/Bawaslu Sulsel, pejabat Pemprov Sulsel, serta asosiasi televisi, radio, dan beberapa organisasi kepemudaan (OKP).

Berikut tujuh komisioner KPID Sulsel periode 2024-2027 yang dilantik :

  1. Hamka, S.Pd.I
  2. Irwan Ade Saputra, S.IP, M.Si
  3. Abdi Rahmat, S.H.
  4. Marselius Gusti Palumpun, S.IP., M.Si
  5. Nasruddin, S.Pd.I
  6. Ahmad Kaimuddin Ombe, S.M., M.Si
  7. Poppy Trisnawati, S.Sos., M.M

(Yadi/B)

  • Bagikan