Dikawal KRI Tombak 629 Bersenjata Lengkap, Ekspedisi Rupiah Salurkan Rp12,38 Miliar Uang Tunai 

  • Bagikan
Pelepasan Ekspedisi Rupiah Berdaulat BI bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut, Jumat (11/10/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL-  Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan menyiapkan Rp12,38 Miliar uang tunai dalam gelaran Ekspedisi Rupiah Berdaulat BI bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut, Jumat (11/10/2024).

Ekspedisi bertajuk "Alam Lestari Masyarakat Sejahtera, Rupiah Berdaulat" ini menyasar 5 pulau di Sulawesi Selatan antara lain Pulau Jinato, Pulau kalaotoa,  Pulau Bonerate,  Pulau Kayuadi  dan Pulau Selayar.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Rizki Ernadi Ermanda menjelaskan nominal rupiah yang disalurkan di lima pulau tahun ini lebih besar Nilainya jika dibandingkan dengan tahun 2023. 

"2023 kami salurkan Rp10 Miliar, sedangkan tahun ini Rp12,38 Miliar diaman ada uang pecahan besar Rp50 ribu sampai Rp100 ribu kira-kira 10 M, selebihnya uang pecahan Rp10 ribu ke bawah dengan nominal Rp2,38 M," ujarnya.

"Terjadi peningkatan karena semua uang disana diperkirakan lusuh, karena jalang ditinjau daerah 3T sehingga kami bawakan uang Fress hasil cetak sempurna, kita tukarkan uang-uang yang sudah tidak bisa   beredar," tambah Rizki

Lanjut dia, ekspedisi Rupiah ini bertepatan juga dengan Festival Takabonerate sehingga Bank Indonesia turun menggelar berbagai kegiatan sosial. 

"Berbagai kegiatan CSR Bank Indonesia dimana kita membantu saudara kita di kepulauan salah satunya sunatan massal, penyakuran kendaraan roda tiga, tandon air, peralatan musik dan olahraga dan starling yang bisa menguatkan wipi," sebutnya. 

Lebih jauh dalam kegiatan ini, puluhan personil dilibatkan mengawal rupiah sampai ke tujuan, "Jumlah personil di libatkan BI  ada 16 orang, untuk ABK dari TNI ada  51 orang  jadi insyaallah aman," ungkapnya.

Sejalan dengan itu, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Andi Rahmat M menjelaskan dalam ekspedisi kali ini pihaknya mengerahkan KRI Tombak yang merupakan kapal rudal 629.

"KRI Tombak ini dipilih mengawal karena ekspedisi rupiah karena kapal ini yang perlengkapan senjatanya sangat lengkap. Karena kita membawa uang, maka dipastikan keamanan dan kelancaran dan manuvernya ke pulau kecil lebih mudah dari kapal besar yang biasanya digunakan," tandasnya. (Hikmah//B)

  • Bagikan