MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Bisnis bakery menjadi salah satu usaha yang menjanjikan di bidang kuliner. Terbukti usaha ini mulai menjamur di Sulawesi Selatan, khususnya di Kota Makassar.
Salah satu bisnis bakery lokal mampu bersaing adalah Moichido Donut and Bakery. Meski namanya berbahasa jepang, Moichido merupakan merek lokal yang dikembangkan investor Sulsel.
Memulai usaha sejak tahun 2018, Chef Rahmat mencoba peruntungan di bidang ini. Dibantu investasi dari koleganya, Rahmat mulai membuka outlet pertamanya di Kabupaten Gowa. Untuk logo, Chef Rahmat memilih warna netral hitam dan putih.
"Kami bermain dua warna hitam dan putih, kalau investor kami mencari yang simpel dan yag unik sehingga terlihat fleksibel dan elegan," jelas Chef Rahmat saat menjadi narasumber dalam Podcast bersama Rakyat Sulsel di Kantor Harian Rakyat Sulsel, Jalan Sultan Alauddin no.25, Kota Makassar, Jumat (11/10/2024).
Dengan tagline 'donut and bakery', berbagai macam produk ditawarkan seperti roti, cake, dan banyak lagi produk lainnya.
"Awalnya branding kami adalah donat. Kenapa melirik donat, karena pada saat kami buka, brand-brand terkenal tidak bermain di ruko. Sehingga kami ambil pasar di luar mall dengan harga terjangkau dan semua kalangan bisa menikmati," beber Rahmat.
Untuk pengembangan usaha yang dilakukan pihaknya, salah satu sistem yakni menggunakan sosial media dan mengutamakan pelayanan dan kebersihan. Serta tetap mengutamakan senyum sapa bagi pelanggan yang datang,
"Biasanya perusahaan besar mengabaikan tentang pelayanan. Dari 2018 sampai sekarang dan pernah diguncang pandemi covid, alhamdulillah belum ada ada satupun karyawan dirumahkan," jelasnya.
Dari segi bahan, Moichido menggunakan bahan yang umum, namun perusahaan memfasilitasi mesin dan SDM yang selalu bisa mengimprovisasi inovasi produk.
"Yang terpenting bagaimana outlet memberikan pelayanan terbaik. Kedua, tidak menutup costumer memberikan kritik dan saran," tambahnya.
Chef Rahmat juga membagikan empat tips agar usaha kuliner sukses yaitu dari aspek SDM, mesin peralatan, bahan baku dan media promosi.
"Semua ini tidak bisa dianggap sepele, apalagi dalam hal promosi. Meski kita sudah lama, namun kita harus melakukan update," pungkasnya.
Untuk pelaku UMKM yang baru memulai usaha, ia mengimbau agar jangan langsung memikirkan soal untung-rugi.
"Jualan saja dulu. Jalan saja dulu. Jangan terlalu pikie untung rugi. Perbanyak pelanggan, perbaiki sistem, keuangan, marketing, manajemen produksi. Untuk semua UMKM jualan dulu saja, perbaiki pelan-pelan sistem, sebab bekerja tanpa sistem tidak bagus. Yang terpenting jangan putus saat baru memulai bisnis," tandasnya.
Saat ini, Moichido telah membuka hingga tiga outlet, masing-masing di Kabupaten Gowa, Jalan Cendrawasih Makassar dan di kawasang Tanjung Bunga Makassar. (Hikmah/B)