Komposisi Pimpinan dan Fraksi DPRD Sulsel Telah Lengkap

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komposisi pimpinan DPRD Sulsel dan fraksi-fraksi utusan parpol dari 84 anggota DPRD periode 2024-2019, telah disahkan oleh Pimpinan DPRD sementara memalui Paripurna, Senin (14/10/2024).

Adapun nama-nama pimpinan DPRD provinsi Sulawesi Selatan yakni Andi Rachmatika Dewi dari NasDem (wajah lama), Ketua DPRD Sulsel, Wakil Ketua I Rahman Pina (wajah lama) dari Golkar, Wakil Ketua II Yasir Mahmud (wajah baru) dari Partai Gerindra, Wakil Ketua III Sufriadi Arif (wajah baru) dari partai PPP, Wakil Ketua IV Fauzi Andi Wawo (wajah lama) dari partai PKB.

Jika melihat komposisi maka, diantara lima pimnan dewan hanya dua orang wajah baru. Sedangkan tiga orang lainya wajah lama, tapi kesan baru. Mereka akan memimpin lembaga legislatif lima tahun kedepan.

Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan sementara, Andi Rachmatika Dewi, mengatakan, sesuai dengan penetapan perolehan kursi partai politik peserta pemilihan legislatif anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi Sulawesi Selatan tahun 2024 bahwa urutan terbanyak.

"Dimana hasil pileg 2024 di Sulsel, Partai NasDem 17 kursi, Golkar 14 kursi, Gerindra 13 kursi, PPP 8 kursi dan PKB 8 kursi," sebutnya.

Terkait dengan hal tersebut maka, selaku pimpinan sementara DPRD Provinsi telah mengirimkan surat ke masing-masing partai politik tingkat provinsi tanggal 26 September 2024 untuk mengumpulkan nama anggotanya yang akan dipercayakan sebagai pimpinan definitif DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.

Politisi NasDem itu menyampaikan, bahwa setelah penetapan nama pimpinan DPRD Provinsi Sulawesi Selatan pihaknya segera akan mengirim nama-nama tersebut ke Kementerian dalam negeri (Kemendagri) untuk dapat diterbitkan dalam waktu dekat.

Selain nama-nama-pimpinan DPRD Provinsi Sulawesi Selatan juga diumumkan nama-nama ketua fraksi sesuai yang telah dimasukkan oleh partai politik.

"Tidak terlalu lama dan segera dikatakan tindaklanjuti dengan rapat paripurna pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD Provinsi Sulawesi Selatan masa jabatan tahun 2024-2029," sebutnya. (Yadi/B)

  • Bagikan