Kehebatan Calon Menteri Prabowo, Empat Diantaranya Peraih Adhi Makayasa di Akmil

  • Bagikan
(Dari Arah Kiri-Kanan) Agus Harimurti Yudhoyono, Sugiono, M Iftitah Sulaiman Suryanagara, Donny Ermawan Taufanto, M Herindra. Lima calon menteri Prabowo Subianto berlatar belakang TNI.

RAKYATSULSEL – Kabinet Prabowo-Gibran akan diisi oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Dari kabar yang telah beredar di Masyarakat dan media, terdapat lima calon yang akan mengisi kabinet Prabowo-Gibran di masa periodenya (2024-2029). Selain itu, Prabowo telah menerima kedatangan 49 tokoh di kediamannya pada Senin (14/10/2024) kemarin. Sejumlah tokoh ini merupakan calon menteri pemerintahannya, yang berasal dari berbagai latar belakang baik militer, poitisi, aktivis, dan selebihnya.

Dari 49 calon menteri tersebut, ada lima calon dari kalangan militer yang dipilih oleh Prabowo sendiri yang akan bertanding untuk memenuhi kursi kabinet Prabowo-Gibran. Ini profil dari kelima calon menteri Prabowo:

Calon #1 - Agus Harimurti Yudhoyono

Agus Harimurti Yudhoyono, atau disingkat AHY adalah putra pertama dari Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono. Sama Seperti Ayah, pria kelahiran Bandung ini menempuh karier di dunia militer setelah tamat sekolah menengah atas (SMA).

AHY juga merupakan lulusan terbaik Akademi Militer dengan mendapatkan penghargaan Tri Saktiwiratama dan Adhi Makayasa pada tahun 2000. Ia kemudian masuk dalam Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) pada 2002, setelah menamatkan sekolahkecabangan infanteri.

AHY mengawali kariernya sebagai Komando Peleton Batalion Infanteri Lintas Udara 305/Tengkorak, Jajaran Brigif Linud 17 Konstrad. Pada Juni 2014, AHY berpindah ke Amerika Serikat untuk melanjutkan Sekolah Staff Komando Angkatan Darat (Seskoad).

Setelah berpulang dari Negeri Paman Sam, ia diangkat sebagai Komandan Batalion (Danyon) Infanteri Mekanis 203/Arya Kemuning yang kelak menjadi jabatan terakhirnya di dunia militer.

Setelah mengakhiri kariernya di dunia militer pada September 2016, ia menjadi calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada DKI Jakarta 2017, dan saat ini AHY menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

Calon #2 - Sugiono

Sugiono merupakan mantan prajurit TNI. Ia menjadi prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopasus) dengan pangkat terakhir Letnan Satu pada 2002 hingga 2004. Ia juga pernah dipercaya menjadi sekretaris pribadi (sekpri) Prabowo Subianto. Kariernya semakin naik seusai ia terpilih menjadi Anggota Komisi I DPR RI pada 2019.

Dari riwayat hidupnya, Sugiono merupakan lulusan SMA Taruna Nusantara pada 1997. Dia kemudian mendapat gelar sarjana dari program studi teknik komputer di Norwich University, Amerika Serikat dan sempat tinggal dan bekerja di Rhode Island, AS.

Sugiono saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Wakil Ketua Komisi I DPR RI, dan juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN).


Berdasarkan kabar yang beredar, dia digadang-gadang sebagai Menteri Luar Negeri RI untuk mengisi kabinet Prabowo-Gibran di periode 2024-2029.

Calon #3 - Muh. Iftitah Sulaiman Suryanagara

Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara adalah seorang pengusaha, investor dan konsultan, serta Veteran TNI-AD. Ia lulusan terbaik Akademi Militer tahun 1999, peraih penghargaan Bintang Adhi Makayasa dari Presiden Republik Indonesia, dan dikenal sebagai pakar dalam bidang Kavaleri.

Dia mengawali karier militernya sebagai Komanda Peleton do Yonkav 8-Tank/Kostrad hingga menjadi Perwira Seksi Operasi. setelah itu, ia dipindahkan ke Aceh untuk membentuk satuan baru, yaitu Yonka 11/Kodam Iskandar Muda.

Selama menjadi prajurit, ia banyak bertugas di medan tempur. Di antaranya Operasi Rencong 2003, dan Operasi Pemiluhan Keamanan 2004. Setelah bencana tsunami Aceh melanda Aceh, ia beralih tugas sebagai operasi bantuan kemanusiaan.

Pada 2006, Suryanagara terpilih sebagai penjaga perdamaian di Lebanon, melalui Kontingen Garuda -XXIII A/UNFIL. Ia kemudian terpilih sebagai perwakilan UNFIL sebagai pembawa bendera PBB di Hari Nasional Italia 2007 di Roma, Italia, bersama perwira dari India dan Polandia.

Sepulang dari Lebanon, ia ikut membidani Pusat Pemeliharaan Perdamaian (PMPP TNI) di Sentul, Bogor. Ia juga berperan sebagai instruktur internasional TNI pertama di bidang Misi Pemeliharaan Perdamaian. Ia melatih 35 perwira dari 11 negara bersama instruktur dari Jerman dan Australia di New Castle. Di saat yang sama, ia juga ditugaskan menjadi staf pimpinan Mabes Polri.

Selain aktif bertugas sebagai perwira di lapangan, ia juga menekuni hobi menulis, dan masih tercatat sebagai kader Partai Demokrat.

Calon #4 - Donny Ermawan Taufanto

Marsekal Madya TNI, Donny Ermawan Taufanto perwira TNI-AU yang saat ini masih menjabat sebagai Sekjen Kemhan RI.

Dari riwayat hidupnya, ia merupakan lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara 1988 dan meraih Medali Adhi Makayasa. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Pangkoopsau II

Calon #5 - M. Herindra

Letjen Muhammad Herindra adalah lulusan terbaik Akmil, dan menjadi penerima penghargaan Adhi Makayasa. Beliau menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) sejak 21 Oktober 2020. Herindra juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf TNI.

Dari riwayat hidupnya, Ia memulai karir militernya sebagai taruna di Akmil bersama KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal TNI Andika Perkasa. Herindra lulus sebagai siswa terbaik dari Akmil angkatan 1987. Dia melanjutkan pendidikan militernya di Seskoad (Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat) dan Lemhannas RI (Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia), di mana dia dipersiapkan untuk menjadi pemimpin nasional yang memiliki pemikiran yang komprehensif, integral, holistik, integratif, dan profesional, serta berwawasan kebangsaan, patriotik, nusantara, dan universal.

Itulah tadi profil-profil dari kelima calon menteri yang akan dipilih oleh Prabowo. Saat ini, Prabowo masih memilih calon-calon menteri yang akan menemaninya di periode 2024-2029, dan akan diumumkan pada tanggal 20 Oktober 2024 yang akan datang.

  • Bagikan

Exit mobile version