Rektor Unibos Beberkan 3 Prinsip Dasar dan Etika Aristoteles yang Wajib Dimiliki Wisudawan Unibos dan Poltekbos 

  • Bagikan
Wisuda Poltekpar Makassar dan Poltekbos di Balai Sidang 45 Selasa (15/10/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Universitas Bosowa (Unibos) Makassar menggelar wisuda Program Vokasi, Sarjana, Profesi dan Pasca Sarjana ke-66 Unibos dan ke-9 Politeknik Bosowa angkatan 2023/2024.

Dalam gelaran tersebut, sebanyak 102 wisudawan yang terdiri dari 214 Mahasiswa Pascasarjana,  236 mahasiswa

Fakultas Teknik,  36 mahasiswa Fakultas Kedokteran, 74 mahasiswa Fakultas Psikologi, 66 Mahasiswa Fakultas Hukum, 

66 mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, 49 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, 163 Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta 98 mahasiswa Fakultas Pertanian. Sedang mahasiswa Politeknik Bosowa ada sebanyak 13 mahasiswa. Sehingga jika total wisudawan sebanyak 1015 orang. 

Rektor Unibos, Prof. Batara Surya menekankan perlunya wisudawan mengikuti perkembangan Revolusi industri sebab hal ini akan mempengaruhi dunia industri dan tentunya lapangan kerja.

Lanjut dia, mahasiswa perlu memiliki tiga unsur penting dalam membangun karir yakni adaptasi, integritas dan humble.

"Adaptasi berarti menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan, belajar dan mampu berkomunikasi. Kemampuan beradaptasi penting dilakukan sebab seseorang yang mudah beradaptasi bisa merespon beberapa hal misal meningkatkan peluang karir, kesehatan mental, dan sebagainya," ucap Prof Batara Selasa (15/10/2024)

"Integritas dunia kerja adalah mampu mengerjakan dan menjauhkan kepentingan pribadi. Konsisten dan profesional yang mengedepankan nilai moral disiplin. Sedangkan Humble berarti rendah hati dan diterjemahkan memiliki sikap yang supel, bersedia menghadapi dan mendengar nasehat dan saran orang lain," tandasnya.

Lebih jauh, Prof Batara menjelaskan tentang prinsip etika Aristoteles yang perlu dimiliki para wisudawan.

"Prinsip etika Aristoteles menegaskan bahwa setiap manusia yang memiliki ilmu harus mencapai karakter unggul dan berbudi luhur. Pandangan Aristoteles mengatakan karakter terbentuk dari kebiasaan dan pendidikan. Setiap orang mampu membangun karakter individu dan kepribadian," tambahnya.

"Menyongsong generasi emas 2045 yang akan berperan yakni wisudawan hari ini. Saya yakin sarjana Unibos mampu menguasai kompetensi dibidang ilmunya dan memiliki karakter," tutupnya. (Hikmah/A)

  • Bagikan

Exit mobile version